Anggota Kerajaan Inggris Wajib Bawa Baju Hitam, Alasannya...

Aturan ini diterapkan karena 'insiden' yang pernah dialami Ratu Elizabeth.

Mutia Nugraheni
| 5 Agustus 2017 12:11

Dream - Kehidupan keluarga kerajaan Inggris selalu saja mencuri perhatian. Meski mereka berusaha hidup seperti rakyat kebanyakan, tiap gerak-geriknya tetap harus berpatokan pada aturan dan protokoler.

Salah satu yang tak banyak diketahui adalah setiap keluarga Kerajaan Inggris, saat pergi jauh baik dalam maupun luar negeri, wajib membawa pakaian hitam dalam kopernya. Hal ini bukan
tanpa alasan.

Seperti dikutip dari The Independent, pakaian hitam harus dibawa agar bisa langsung digunakan jika sewaktu-waktu mereka harus segera pulang menghadiri pemakaman resmi. Aturan ini diberlakukan karena 'insiden' kunjungan Ratu Elizabeth pada 1952 ke Kenya.

Saat itu Ratu Inggris dan suaminya, Pangeran Philip dalam perjalanan kenegaraan mengunjungi Kenya. Beberapa hari kemudian, kabar duka datang datang dari Inggris. Ayah dari Ratu Elizabeth, George VI, meninggal dunia.

Ratu Elizabeth pun harus kembali Inggris. Namun dalam kopernya tak ada pakaian hitam sama sekali yang melambangkan kedukaan. Terpaksa, Ratu Elizabeth harus menunggu pakaian hitam miliknya dikirim dari Inggris agar seturunnya dari pesawat ia sudah mengenakan pakaian hitam yang sopan dan sesuai protokoler.

Sejak saat itu, seluruh anggota keluarga kerajaan Inggris diwajibkan membawa pakaian hitam saat harus pergi jauh. Termasuk juga pakaian untuk anak-anak.

 

Topik Terkait :

Women Spirit in Natural & Sustainable Living

Jangan Lewatkan