Anak yang Sering Tantrum Cenderung Lebih Sukses?

Orangtua harus peka mengenali karakter dan pembawaan sang anak.

Mutia Nugraheni
| 16 April 2019 10:05

Dream - Anak yang masih berusia di bawah 6 tahun kerap mengamuk saat tak dipenuhi keinginannya. Mereka menangis kencang, menendang, memukul orang di sekitarnya bahkan berguling tak terkendali.

Kondisi ini sering diistilahkan sebagai tantrum. Pada anak balita yang perkembangan emosinya belum matang, tantrum merupakan hal wajar. Kondisi ini terus berlanjut hingga usia 12 tahun di mana mulai memasuki masa puber.

Mereka jadi lebih pemberontak dan kerap berkonflik. Untuk itu orangtua harus peka mengenali karakter dan pembawaan sang anak, terutama untuk mengetahui pemicu dan mencegah tantrum.

Banyak yang menganggap tantrum adalah hal negatif, tapi siapa sangka menurut penelitian anak yang suka mengamuk justru cenderung sukses di kemudian hari. Hal ini menurut penelitian yang dipublikasi di Journal Developmental Psychology.

Penelitian dilakukan menganalisis karakteristik dan perilaku siswa pada usia 12. Analisis tersebut untuk memprediksi keberhasilan pekerjaan mereka 40 tahun kemudian.
Tim memeriksa 745 orang selama rentang 40 tahun (1968 - 2008).

Apa yang ditemukan? Rupanya, mereka yang kerap mengamuk, melanggar aturan dan menentang otoritas orang tua, lebih mungkin untuk sukses dalam hidup.

" Hasilnya mengungkapkan pengaruh langsung dan tidak langsung dari karakteristik siswa (siswa yang bertanggung jawab, melanggar peraturan dan pembangkangan otoritas orangtua, dan rajin belajar) di seluruh rentang hidupnya, berpengaruh pada keberhasilan karir setelah menyesuaikan perbedaan SES (social economy status) dan IQ pada usia 12," ungkap penelitian tersebut dikutip dari Kid Activity.

Tim peneliti percaya, anak yang keras kepala, kukuh kemauannya lebih berani mengambil risiko. Hal tersebut yang membuat mereka memiliki kesempatan besar dalam memperoleh keberhasilan dalam hal karier.

Topik Terkait :

Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie

Jangan Lewatkan