Anak yang Bisa Kendalikan Emosi, Kemampuan Akademiknya Cenderung Baik

Kemampuan intelektual dan kecerdasan emosi berkaitan erat.

Mutia Nugraheni
| 26 Januari 2022 10:05

Dream - Pencapaian akademik bisa dengan mudah dilihat dari nilai-nilai anak di sekolah. Nilai yang tinggi bisa jadi acuannya. Sebenarnya, hasil akademik yang baik bukan hanya muncul karena kemampuan intelektual yang dimiliki anak, tapi juga emosinya.

Ada lagi salah satu acuan yang juga harus diperhatikan, yakni kecerdasan emosional atau emotional quotient (EQ). Mengendalikan emosi salah satu hal penting dalam EQ.

Seperti pernah dijelaskan dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc, MSc, dari KlikDokter, kecerdasan emosional merupakan perilaku di mana seseorang pandai dalam mengelola perasaan.

“ Tak hanya itu, kecerdasan emosional juga sebagai cara seseorang menggunakan perasaan untuk mengembangkan pemikiran, dan menggunakan pemikiran untuk mengembangkan perasaan,” ujarnya.

Dengan kemampuan tersebut, seseorang bisa membuat keputusan agar dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain secara baik. “ Hal tersebut membuat seseorang dengan kecerdasan emosional yang tinggi memiliki kemampuan empati yang lebih baik, dapat melihat sebuah situasi dari berbagai sudut pandang,” kata dr. Nitish.

 

Selanjutnya :

Saling Mempengaruhi

Potret Rumah Orangtua Gisella Anastasia di Cimahi

Jangan Lewatkan