Anak Usia 8 Tahun Harus Sudah Bisa Cuci Baju Sendiri

Biasakan anak bisa mengurus kebutuhan pribadinya.

Mutia Nugraheni
| 10 Juni 2019 14:04

Dream - Mengajarkan anak untuk melakukan tugas-tugas rumah tangga adalah hal wajib. Kita tidak pernah tahu apa yang bakal dialaminya kelak. Membiasakannya mandiri, tak bergantung orang lain demi memenuhi kebutuhan pribadinya jadi modal penting bagi hidupnya.

Mencuci baju adalah salah satunya. Mungkin kini di rumah ada asisten rumah tangga yang selalu melakukannya. Tapi pastikan, anak juga bisa melakukann sendiri. Sehingga saat tak ada ART seperti lebaran, ia tak kaget. Ibu pun bisa berbagi tugas kepada anak.

Menurut pakar perkembangan anak Dr. Deborah Gilboa, banyak ibu dan ayah saat ini percaya bahwa anak-anak mereka terlalu sibuk dengan tugas sekolah, ekstrakurikuler dan aktivitas lain untuk dibebani dengan tugas rumah tangga.

" Sebenarnya tak demikian, setidaknya anak harus bisa mengurus kebutuhan pribadinya, seperti mencuci atau setrika dan lipat pakaiannya. Justru dengan pekerjaan rumah tangga rutin mereka akan menjadi pemecah masalah dengan karakter yang baik," ungkap Deborah, seperti dikutip dari Kid Activity.

Dr. Gilboa mengatakan anak-anak selalu ingin menjadi " anak besar" dan fase kemandirian yang mulai tumbuh ini adalah waktu yang tepat untuk mulai melibatkan mereka dalam tugas rumah tangga.

Untuk anak usia 6 hingga 8 tahun, sebaiknya ada tugas mingguan yang harus dilakukan. Salah satunya mencuci baju. Minimal pakaian dalam mereka sendiri.

" Jika ada mesin cuci, justru akan lebih mudah bagi mereka. Tinggal dimasukkan dan mereka pasti sudah bisa mengerti cara mengoperasikannya. Ajarkan juga bagaimana jika tak ada mesin cuci, mengucek dan membilas, lalu menjemur," kata Gilboa.

Dengan mencuci bajunya sendiri, anak belajar memenuhi kebutuhannya sendiri. Untuk anak yang sudah agak besar, latih juga mereka setrika pakaiannya. Terutama seragam sekolah yang mereka kenakan setiap hari.

 

Topik Terkait :

Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting

Jangan Lewatkan