Anak Telat Bicara Bisa Berdampak Pada Psikologisnya

Perhatikan lebih detail kemampuan bicara anak, terutama di usia balita.

Mutia Nugraheni
| 24 November 2021 16:09

Dream - Beberapa anak mengalami masalah speech delay atau keterlambatan bicara yang tak disadari orangtua. Biasanya hal ini baru diketahui kemudian, ketika anak kerap mengamuk karena tak bisa menyampaikan keinginannya dengan baik melalui kata-kata.

Sejak lahir, bayi bereaksi terhadap suara. Di usia 3-4 bulan bisa senyum sosial, di usia 4-7 bulan bereaksi terhadap suara (tersenyum, teriak, mengoceh), di usia 8-9 bulan mengerti larangan tidak boleh melalui gestur atau ekspresi wajah wajah ayah /ibunya, di usia 14 bulan bayi mengerti tanpa mimik atau gesture dan di usia 17 bulan dapat menunjuk 5 bagian wajah atau tubuh yang ditanyakan.

Perkembangan bicara anak terdiri atas bicara reseptif dan bicara ekspresif. Reseptif artinya anak mengerti bahwa orang lain mengajaknya berkomunikasi. Ekspresif artinya anak menyatakan pikiran dan pendapatnya dari bentuk yang sederhana sampai yang kompleks.

Baby Happy, popok bayi sekali pakai andalan Wings Care, beberapa waktu lalu menggelar webinar “ Kupas Tuntas Tahapan Perkembangan Bicara Anak & Solusi Atasi Speech Delay”. Salah satu narasumber, dr. Dini Adityarini, spesialis anak dari RSIA Kendangsari MERR Surabaya., menjelaskan sangat penting untuk memantau kemampuan bicara anak.

“ Pantau tanda waspada pada setiap fase perkembangan bicara anak. Secara umum pada usia berapap un, bawalah anak ke dokter jika ia menunjukkan kemunduran dalam kemampuan berbicara atau kemampuan sosialnya,” ujar dr. Dini.

Kenali tanda-tanda adanya gangguan pada tahapan bicara anak. Waspadai jika bayi usia 0-6 bulan tidak menoleh jika dipanggil namanya dari belakang, dan tidak ada babbling (mengeluarkan suara).

Lalu, pada usia bayi 12 bulan jika bayi tidak menunjuk dengan jari dan ekspresi wajah kurang. Pada usia bayi 16 bulan jika tidak ada kata yang berarti. Dan jika tidak ada kalimat 2 kata yang dapat dimengerti pada usia 24 bulan.

 

Selanjutnya :

Masalah Psikologis

10 Artis dengan Umur Pernikahan Tersingkat

Jangan Lewatkan