Anak Tumbuh Menjadi Penyejuk Hati Orangtua, Ini Cirinya

"Semoga anak yang dilahirkan menjadi penyejuk hati orangtuanya atau qurratu a’yun".

Mutia Nugraheni
| 10 September 2020 16:03

Dream - Mendengar teman atau kerabat baru saja melahirkan pastinya kita ikut senang dan turut mendoakan. Salah satu doa yang kerap diucapkan sesama muslim adalah semoga anak yang dilahirkan menjadi penyejuk hati orangtuanya atau qurratu a’yun .

Dikutitp dari Bincang Muslimah, dalam kamus al-Munawwir Qurratu a’yun bermakna buah hati, biji mata, kesayangan dan kekasih. Berasal dari kata al-Qurra yaitu kedinginan, kesejukan, dan al-ainu yaang bermakna mata. Kemudian bermakna penyejuk hati, pelipur lara dan sumber kegembiraan bagi kedua orang tua. Sebagaimana telah Allah jelaskan dalam Qs. al-Furqan [25]: 74.

 Alfurqan ayat 74

" Dan orang orang yang berkata: “ Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa”.

Ayat di atas menjelaskan bahwa Qurratu a’yun merupakan doa dan harapan yang dipanjatkan oleh semua orang tua agar keturunannya/anak-anaknya menjadi penyambung kebaikan dan ketakwaan dari orang tuanya. Ayat di atas selain untuk keturunan, juga dipanjatkan untuk pasangan yang berkualitas sehingga dapat membangun keluarga sakinah mawadah warahma.

Mungkin sebagian besar dari Sahabat Dream penasaran seperti apa ciri-ciri anak yang menyejukkan hati orangtuanya. Nah, berikut tandanya.

 

Selanjutnya :

Anak-anak yang saleh dan saleha

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan