Anak Pra Sekolah Sudah Belajar Matematika, Tapi...

Ada sejumlah pencapaian yang harus dipenuhi anak-anak pra sekolah. Cari tahu panduannya.

Mutia Nugraheni
| 8 Juni 2018 16:04

Dream - Konsep matematika mulai diperkenalkan pada anak-anak di usia pra sekolah atau yang duduk di Kelompok Bermain atau Taman Kanak-kanak (TK). Tentunya bukan dengan pelajaran berhitung yang rumit.

Anak-anak prasekolah akan dikenalkan pada prinsip-prinsip dasar matematika melalui kegiatan bermain dan pembelajaran terstruktur. Hal-hal yang dipelajari antara lain, mengenal angka, mengetahui jumlah objek, lebih banyak atau lebih sedikit, bentuk objek seperti segitiga, lingkaran dan persegi panjang.

Para guru memiliki metode seru dan menyenangkan untuk mengajarkan anak. Seperti meminta anak untuk mengambil dua crayon biru atau diminta menunjuk bentuk lingkaran merah dan sebagainya.

Penting untuk diketahui kalau anak-anak prasekolah tidak belajar dengan kecepatan yang sama. Sebagai orangtua, tidak perlu panik jika kemampuan berhitung anak tidak sebaik anak-anak lain. Kebanyakan anak baru akan memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep dasar suatu hal pada usia lima tahun.

Ada sejumlah pencapaian yang harus dipenuhi anak-anak pra sekolah. Informasi berikut bisa Sahabat Dream jadikan panduan.

- Anak berusia dua hingga tiga tahun harus memiliki sekitar 50 hingga 300 kata dalam kosa kata mereka dan dapat mengidentifikasi warna dan bentuk
- Pada usia tiga tahun, seorang anak harus mampu menghitung hingga lima.
- Anak usia empat tahun harus mampu menghitung hingga 10 dan mengidentifikasi bentuk, warna, dan ukuran berdasarkan namanya.
- Pada usia empat tahun, perbendaharaan kosakata yang dikuasi sekitar 2.000 kata.

Jika Anda khawatir tentang kemajuan anak, segera diskusikan dengan guru di sekolah atau terapis. Intervensi lebih awal akan sangat membantu anak untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhannya.

Sumber: Verywell

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa

Jangan Lewatkan