Anak Kecil Jalani Ibadah Haji, Ketahui Hukumnya

Tak perlu ragu membawa buah hati ke 'rumah' Allah SWT di Tanah Suci.

Mutia Nugraheni
| 18 November 2018 11:11

Dream - Menjalani ibadah haji atau umroh, lalu meninggalkan buah hati di rumah memang terasa berat. Tak heran kalau kini banyak orangtua ikut membawa anak-anak mereka ke 'rumah' Allah SWT.

Bukan hanya anak yang sudah baligh tapi juga yang berusia balita. Hal ini bukan hanya membuat kita tetap dekat dengan anak tapi juga mendekatkan mereka pada Allah SWT dan ketauhidan.

Lalu bagaimana hukum haji atau umrohnya anak kecil yang belum baligh? Dikutip dari Bincang Syariah, Ibnu Abbas RA. pernah meriwayatkan hadis:

 HR Ibnu Abbas

Dari Nabi SAW bahwasannya beliau bertemu dengan suatu rombongan di Rauha’, lalu beliau bertanya: “ Kelompok siapa?” mereka menjawab: “ Orang-orang muslim.” Merekapun bertanya: “ Siapa kamu?” “ Utusan Allah” jawab Nabi saw. Seorang perempuan (di antara mereka) mengangkat anak kecil (menunjukkan) kepada Nabi saw. Lalu ia bertanya: “ Apakah (anak kecil) ini juga melaksanakan haji?’ Nabi Saw menjawab: “ iya, dan kamu pun mendapatkan pahala.” (HR. Muslim).

Berdasarkan hadis tersebut, maka ulama dari kalangan Syafiiyyah, Malikiyyah dan Hanabilah mengatakan bahwa anak kecil itu hajinya sah, tetapi dianggap haji sunnah.

Yakni belum menggugurkan kewajiban haji yang menjadi rukun Islam yang kelima. Pasalnya, salah satu syarat wajibnya haji adalah telah memasuki usia baligh.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Rexona Brightest Squad Hunt 2020 - Coaching Class - 24 November 2020

Jangan Lewatkan