Anak 8 Tahun Harusnya Bisa Cuci Baju Sendiri, Sudahkah Diajarkan?

Beri contoh dan jangan sepelekan kemampuan anak.

Mutia Nugraheni
| 27 April 2021 16:03

Dream - Salah satu tonggak dalam kehidupan seorang anak adalah mempelajari tentang tanggung jawab. Ini dimulai dengan bertanggung jawab pada keselamatan, kesehatan dan barang-barangnya sendiri.

Saat masih balita, penting untuk mulai memberikan anak tanggung jawab. Seperti merapikan kembali mainannya atau membersihkan air yang ditumpahkannya. Seiring bertambahnya usia, tanggung jawab anak tentu akan lebih besar lagi.

Bukan hanya urusan sekolah dan pendidikan, tapi juga urusan rumah tangga karena mereka merupakan anggota keluarga. Memberikan tugas rumah tangga dampaknya begitu besar bagi anak.

" Tugas rutin adalah cara terbaik untuk membesarkan anak-anak menjadi seorang pemecah masalah dengan karakter yang baik," kata Dr. Deborah Gilboa, seorang pakar perkembangan anak, dikutip dari Today.com.

Menurut Deborah, banyak ibu dan ayah saat ini percaya bahwa anak-anak mereka terlalu sibuk dengan pelajar sekolah untuk dibebani tugas-tugas rumah. Hal ini tak sepenuhnya tepat, karena anak harus dilatih membagi waktu atas nama tanggung jawab.

" Anak-anak ingin menjadi " anak besar" dan fase kemandirian yang mulai tumbuh ini adalah waktu yang tepat untuk mulai meminta mereka membantu tugas-tugas rumah tangga. Mulailah dari yang kecil-misalnya, coba biarkan dia memegang wadah saat kita menyapu," katanya.

 

Selanjutnya :

Tugas Rutin

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan