Alasan Si Kecil Selalu Memanggil 'Ibu' Sepanjang Hari

Bahkan saat buah hati sedang asyik bermain.

Mutia Nugraheni
| 12 April 2021 14:05

Dream - 'Ibu', 'mama', 'mami', 'umi', atau panggilan kesayangan lain kerap kita dengar sepanjang hari dari mulut si kecil. Bukan hanya saat mereka membutuhkan sesuatu, tapi setiap saat kapan pun buah hati ingin memanggil.

Seringkali saat anak sedang sibuk dengan mainannya, atau bermain dengan saudaranya tapi tak mendengar suara atau melihat ibunya maka akan segera memanggil. Rachel Busman, psikiater dan juga Direktur Child Mind Institute mengatakan ada beberapa alasan mengapa anak terus-menerus mencari ibunya.

Usia
" Bergantung pada usianya, ini dua situasi yang berbeda. Untuk anak balita atau anak prasekolah, ini sangat normal," kata Busman, dikutip dari Mom.com.

Hal tersebut karena mereka melihat ibu dan mengasosiasikannya dengan sosok yang selalu memenuhi kebutuhan. Artinya, jika ibu bekerja di rumah atau sedang melakukan sesuatu, anak belum bisa mengerti.

" Anak tidak dapat merasionalisasi pekerjaan. Untuk anak-anak yang lebih besar, panggilan ibu berkali-kali karena ingin mencari validasi dan kenyamanan," kata Busman.

 

Selanjutnya :

Peran yang Selalu Diandalkan

Muhasabah bersama Ustaz Erick Yusuf

Jangan Lewatkan