Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Alasan Penting Bagi Orangtua untuk Bikin Sudut Baca di Rumah

Alasan Penting Bagi Orangtua untuk Bikin Sudut Baca di Rumah Anak Membaca (Foto: Shutterstock)

Dream - Membaca merupakan kebiasaan baik yang bisa ditanamkan sejak kecil. Pepatah mengatakan, kita akan menjadi seperti apa yang dibaca. Buku memiliki peran penting dalam kehidupan seorang anak.

Sahabat Dream bisa mengasah kreativitas dan imajinasi anak dengan membiasakannya membaca. Membaca sangat penting bagi pertumbuhan anak. Kebiasaan membaca, kelak membuat anak lebih mudah memahami hidup.

Sediakan buku-buku menarik di rumah dan buatlah sudut baca. Taruh di tempat yang mudah dijangkau anak. Cara ini akan memicu anak suka membaca. Banyak hal positif yang didaparkan jika anak hobi membaca di rumah.

Apa saja?

 

1. Memperbanyak kosakata

Cara terbaik untuk memahami banyak kata adalah dengan membaca. Semakin banyak membaca, semakin banyak kata yang saling berkaitan serta dipahami.

Sering membaca akan memicu anak untuk mengungkapkan kata-kata yang jarang didengar sebelumnya. Rasa percaya diri seorang anak akan meningkat ketika dapat belajar dan bermain dengan beragam kata-kata.

 

2. Memicu rasa ingin tahu

Tidak dapat disangkal bahwa buku memberikan pengetahuan. Mendorong anak-anak dengan kebiasaan membaca yang baik dapat membantu mereka berpikir tentang dunia. Sehingga, memicu rasa ingin tahu mereka.

 

3. Meningkatkan perkembangan emosional dan intelektual

Buku yang bagus dapat meningkatkan perkembangan emosional dan intelektual anak. Buku adalah sarana untuk menemukan jati diri.

Dengan membaca, anak akan lebih mudah melihat dari berbagai perspektif. Pada usia dini, anak-anak dapat belajar untuk bersikap empati dan menghargai perbedaan dari berbagai sudut pandang.

 

 

4. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Komunikasi yang efektif sangat diperlukan agar mampu beradaptasi dengan kehidupan modern. Kemampuan membaca membantu anak untuk memahami hal-hal baru terutama yang bersifat kompleks.

Anak-anak yang mengembangkan kebiasaan membaca pada usia dini lebih ekspresif dalam mengungkapkan pemikirannya. Baik melalui percakapan atau pun bentuk tulisan.

 

5. Membantu anak lebih peka

Membaca dapat membuat seseorang lebih peka terhadap urusan sosial, politik dan ekonomi yang sedang berlangsung atau mereka terpancing untuk mengulik sejarah. Ini adalah investasi paling efektif yang dapat dilakukan orangtua untuk meningkatkan kualitas hidup anak dalam berbagai aspek.

Membaca akan membant anak tumbuh sebagai pribadi yang matang, cerdas, serta dapat menerapkan ilmunya kapan pun dan di mana pun. 

Sumber: Times of India

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
Tak Hanya Kurang Serat, Ketahui Sebab Lain yang Bikin Sulit BAB

Tak Hanya Kurang Serat, Ketahui Sebab Lain yang Bikin Sulit BAB

Sulit buang air besar bisa disebabkan pola makan kurang sehat. Ketahui kebiasaan yang harus diperbaiki agar pencernaan lebih sehat.

Baca Selengkapnya
Pentingnya Mengajarkan Surat Pendek kepada Anak, Inilah 10 Bacaan yang Cepat Dihafalkan

Pentingnya Mengajarkan Surat Pendek kepada Anak, Inilah 10 Bacaan yang Cepat Dihafalkan

Mengajarkan surat pendek memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan dan pembentukan kepribadian dalam diri anak.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Banyak Orang Tak Tahu, Cabut Bulu Hidung Sendiri Bisa Berbahaya

Banyak Orang Tak Tahu, Cabut Bulu Hidung Sendiri Bisa Berbahaya

Beberapa orang mencabut bulu hidungnya sendiri karena mengganggu penampilan atau merasa kurang nyaman. Ternyata, kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatan.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya

Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya

Cara memilih mukena anak yang baik agar si kecil nyaman memakainya.

Baca Selengkapnya