Aktivitas Seru yang Bisa Bangun Kepercayaan Diri Si Kecil

Sangat pas untuk anak-anak usia sekolah dasar (SD).

Mutia Nugraheni
| 12 Agustus 2018 16:01

Dream - Rasa percaya diri pada anak tak bisa dibangun dalam sekejap. Sebagai orangtua perlu juga melakukan sesuatu untuk memupuk kepercayaan diri anak. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menumbuhkannya.

Kepercayaan diri ini sangat penting dimiliki karena akan membuat anak lebih termotivasi. Bayangkan jika anak selalu malu, rendah diri dan merasa tak punya kelebihan. Tentu akan sangat berdampak buruk pada perkembangan psikologisnya.

Ada aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama untuk membangun kepercayaan diri si kecil. Yaitu membuat daftar kekurangan dan kelebihan. Sangat pas untuk anak-anak usia sekolah dasar (SD). Di usia tersebut level kepercayaan diri anak sangat penting untuk menghadapi tekanan dari teman sebayanya.

Siapkan kertas, pulpen, pensil warna, gunting, majalah/ koran bekas dan lem. Gunting kata-kata sifat dari majalah, seperti 'perhatian', 'baik', 'pendengar', 'tepat waktu', 'telat', 'tak disiplin', 'pemarah' dan masih banyak lagi.

Gunting kata sifat yang beragam baik yang positif maupun negatif sebanyak mungkin. Lalu mintalah buah hati untuk mendeskripsikan dirinya dalam secara kertas, baik dari hal positif maupun negatif.

Setelah itu mintalah ia fokus pada gambaran positif dari dirinya. Lalu cari kata-kata yang sesuai dengan dirinya dalam guntingan bekas koran/ majalah. Tempel kata sifat yang positif tersebut pada kertas dan juga tempel foto buah hati.

Taruh foto anak di tengah dan tempel sifat positifnya di sekitar foto. Buatlah dalam karton besar dan tempel di kamarnya. Cara ini bisa membangkitkan kepercayaan diri dan memotivasinya untuk selalu mengembangkan kelebihan yang dimiliki.

Sumber: Momjunction

Topik Terkait :

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival

Jangan Lewatkan