Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Aktivitas Ini Terbukti Bikin Ibu dan Anak Perempuan Makin Dekat

Aktivitas Ini Terbukti Bikin Ibu dan Anak Perempuan Makin Dekat Ibu Dan Anak Perempuan (Foto: Shutterstock)

Dream - Membangun ikatan dan kedekatan dengan anak-anak tak boleh disepelekan. Hubungan yang dekat akan membawa dampak positif baik bagi orangtua mau pun anak. Antara lain ketenangan psikologis dan bisa mencegah anak melakukan perilaku agresif.

Nah, untuk menciptakan dan meningkatkan kedekatan dengan anak perempuan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan agar ibu dan anak perempuan bisa lebih dekat. Salah satunya adalah aktivitas menghabiskan waktu atau berjalan-jalan di alam terbuka.

Ada penelitian menarik terkait hal ini. Dikutip dari thehealthy.com, sebuah penelitian dari University of Illinois yang dipublikasikan di Journal of Family Theory & Review menemukan bahwa menghabiskan waktu bersama di alam terbuka dapat memperkuat ikatan ibu dan anak perempuan.

Tingkatkan perhatian

Para peneliti mengungkapkan bahwa menghabiskan waktu bersama di alam dapat mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan perhatian pada masing-masing individu. Dari situ, para peneliti memiliki teori bahwa ketika perhatian seseorang tidak lagi terlalu sensitif dan lebih baik dalam mengontrol diri, maka interaksi interpersonal bisa lebih baik.

Dalam penelitian itu, para peneliti meminta 27 pasangan ibu dan anak perempuan (yang usianya antara 10-12 tahun) untuk jalan kaki selama 20 menit bersama, lalu dilanjutkan dengan melakukan aktivitas selama 10 menit yang membutuhkan konsentrasi, seperti menyelesaikan soal matematika.

Separuh di antaranya jalan-jalan di alam terbuka, sisanya jalan-jalan di mal. Setelah melakukan pengujian dan mengobservasi interaksi mereka, hasilnya jelas bahwa yang berjalan-jalan di alam terbuka memiliki interaksi positif yang lebih baik, ibu dan anak perempuan jadi lebih akrab.

 

Lakukan dengan Anggota Keluarga Lain

Lebih luas lagi, aktivitas jalan-jalan di alam terbuka tak hanya berdampak positif pada hubungan ibu dan anak perempuan. Dampaknya bisa sama-sama positif saat dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Bila ingin meningkatkan keakraban dan kedekatan dengan anak perempuan atau anggota keluarga lain, bisa coba dengan menjadwalkan acara santai jalan-jalan di alam terbuka ini.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela

 

Kontrol Perilaku Buah Hati dengan Papan 'Aturan Keluarga'

Dream - Mainan yang berserakan di ruang tengah, susu yang tumpah dan membuat lantai menjadi lengket, belum lagi kakak adik yang bertengkar dan saling menendang. Suasana rumah ada kalanya sangat tidak terkendali.

Sebagai orangtua, Sahabat Dream tentu harus segera mengatasi masalah ini. Bukan dengan mengomel dan memarahi anak, tapi ada cara lain yang jauh lebih efektif dan berdampak jangka panjang, yaitu membuat 'aturan rumah' yang disepakati bersama.

Apa itu aturan keluarga?
Aturan keluarga adalah pernyataan atau instruksi tertentu tentang perilaku yang diharapkan dari para anggota keluarga terutama anak-anak. Aturan keluarga dapat spesifik untuk suatu situasi, seperti aturan makan dan keselamatan, dan aturan dasar tertentu seperti 'tidak boleh berlari, memukul atau merusak barang-barang di rumah'.

Melatih anak mengontrol perilakunya

Seringkali kita mendengar orang berkata, "dia berasal dari keluarga yang baik". Jadi, apa yang membuat 'keluarga baik'? Memiliki peraturan adalah salah satu dasar untuk keluarga yang baik.

"Anak-anak yang tinggal di rumah dengan seperangkat aturan, kemungkinan besar akan terbiasa mengontrol dirinya. Bagaimana bersikap, tahu segala sesuatu akan ada konsekuensinya, memiliki pemikiran panjang dan berusaha menaati aturan demi semua orang," kata Kalpana, seorang psikolog keluarga, seperti dikutip dari MomJunction.

Ketika semua anggota mengikuti aturan, akan membantu mereka menjalani kehidupan yang harmonis, dan juga setiap individu tahu tentang tanggung jawab mereka terhadap yang lain dalam keluarga.

 

Terbiasa dengan kedisiplinan

Aturan keluarga juga akan membuat anak terbiasa dengan ritme hidup yang disiplin. Anak tahu tugas dan kewajibannya. Kapan ia harus bangun pagi, menyiapkan seragamnya sendiri, tugas sekolah, tak perlu lagi 'dicereweti' orangtuanya.

"Aturan membantu anak terbiasa bersikap disiplin membuat rutinitas harian berjalan lebih mulus. Hal ini jadi modal anak saat di sekolah dengan aturan ketat, saat berorganisasi, termasuk di lingkungan kerja yang kemudian hari bakal dimasukinya, sehingga tak lagi kaget," ungkap Kalpana.

Anak-anak pun jadi mengerti mana perilaku mana yang 'baik' dan mana yang 'tidak baik'. Mereka akan lebih peka pada keadaan, dan tahu cara bersikap.

 

Diskusi

Bagaimana cara membuat aturan di rumah efektif? Langkah pertama adalah buka diskusi dengan seluruh anggota keluarga, pada anak yang lebih kecil jelaskan kalau ada hal yang harus diikutinya karena merupakan aturan keluarga.

Dari diskusi, buat kesepakatan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Jelaskan secara detail pada anak mengapa sebuah larangan diterapkan dan bakal ada konsekuensinya.

Cetak aturan tersebut dan tempel di papan. Hal ini bisa jadi pengingat seluruh anggota keluarga kapan pun. Aturan yang bisa diterapkan antara lain gunakan suara yang lembut saat berbicara, tak boleh berteriak.

Peraturan keluarga

Selalu mengucapkan 'tolong', 'maaf' dan 'terima kasih'. Izin setiap akan keluar rumah, salat di awal waktu, selalu membereskan mainan setelah bermain, harus membersihkan jika mengotori/ menumpahkan sesuatu. Bisa juga aturan lain yang dirasa sangat perlu ditulis.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
6 Ide Aktivitas Seru Bareng Keluarga saat Libur Lebaran, Jadi Bonding Antara Orangtua dan Anak

6 Ide Aktivitas Seru Bareng Keluarga saat Libur Lebaran, Jadi Bonding Antara Orangtua dan Anak

Lebaran sebenarnya menjadi momen yang pas untuk quality time bersama keluarga.

Baca Selengkapnya
Bagaimana Hukum Tidur setelah Sahur? Beserta Dampaknya dari Sisi Kesehatan

Bagaimana Hukum Tidur setelah Sahur? Beserta Dampaknya dari Sisi Kesehatan

Waktu setelah sahur hendaknya diisi dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat dan membuat tubuh aktif.

Baca Selengkapnya
Anak Jadi Sangat Aktif karena Santap Camilan Manis Ternyata Mitos

Anak Jadi Sangat Aktif karena Santap Camilan Manis Ternyata Mitos

Banyak yang mengira kalau makanan manis bikin anak jadi hiperaktif. Ketahui faktanya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Biar Efektif, Ketahui 4 Hal Saat Mulai Olahraga di Gym

Biar Efektif, Ketahui 4 Hal Saat Mulai Olahraga di Gym

Tak perlu bingung saat berolahraga di gym pertama kali. Cukup perhatikan 5 hal ini sebelum datang ke tempatnya agar aktivitasmu teratur.

Baca Selengkapnya
Keutamaan dan Manfaat Sahur Bagi Kesehatan, Amalan Sunnah Bulan Ramadhan yang Penuh Berkah

Keutamaan dan Manfaat Sahur Bagi Kesehatan, Amalan Sunnah Bulan Ramadhan yang Penuh Berkah

Rasulullah menyebutkan adanya keberkahan di dalam sahur dan dapat membuat seorang muslim menjadi lebih sehat, kuat, dan bertenaga untuk aktivitas seharian.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi

Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi

Ingin memberikan MPASI pertama buat si kecil? Ini rekomendasinya yang bisa dipertimbangkan.

Baca Selengkapnya