Ajarkan Anak Adab Jelang Tidur yang Dilakukan Rasulullah

Bukan hanya membuat tidur si kecil lebih nyenyak tapi juga senantiasa mendapat perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

Mutia Nugraheni
| 3 Januari 2019 18:11

Dream - Allah SWT menciptakan malam agar umatnya bisa tidur dan beristirahat. Bagi anak-anak, tidur adalah momen penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik, emsoi serta aspek kognitifnya.

Untuk itu, sebisa mungkin buatlah suasana tidur anak menjadi berkualitas. Salah satunya dengan mengajarkan adab jelang tidur seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.
Seperti dikutip dari Islami.co, ajaklah anak untuk mengambil wudhu sebelum tidur.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “ Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kedua, ajarkan anak untuk mengibas-ngibas tempat tidur sebelum naik ke tempat tidur dengan menggunakan kain atau sapu lidi sembari membaca basmallah. Pasalnya, setan dan jin biasanya menempati kasur atau tempat tidur yang tidak ditempati oleh manusia.

Sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW dalam hadist berikut, “ Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillaah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi dan Abu Dawud)

Ketiga, ajarkan anak untuk membaca tiga surah yaitu Al khlash, Al Falaq dan surat An Naas masing-masing satu kali. Setelah itu, usapkan kedua telapak tangan ke wajah dan bagian tubuh yang dapat dijangkau.

Aisyah RA pernah berkata, “ Nabi SAW ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari).

Penjelasan selengkapnya baca di sini

BTS Pecahkan Rekor Sendiri karena Album Baru

Jangan Lewatkan