Ajaran Islam untuk Membentuk Karakter Ikhlas Pada Anak

Orangtua berperan besar dalam mendidik karakter ikhlas pada anak.

Mutia Nugraheni
| 19 Juni 2021 10:40

Dream - Ikhlas tak bisa dibentuk dalam satu malam. Terutama dalam hal menjalani tuntunan Rasulullah SAW dalam mengikuti perintah Allah SWT. Sebagai orang dewasa, kita kadang sangat sulit untuk mencapai keikhlasan dan ternyata memang harus dilatih sejak dini.

Orangtua berperan besar dalam mendidik karakter ikhlas pada anak. Butuh kesungguhan, latihan, dan diterangkan terus menerus agar anak ikhlas dalam menuntut ilmu dan juga ikhlas dalam beribadah.

Dikutip dari BincangMuslimah.com, Imam Ibnu Jama’ah rahimahullah (wafat 733H) dalam karyanya Tadzkiratul As-Sami’ wa al-mutakalim fi Adab al ‘Alim wa al-Mutakallim, menjelaskan bahwasanya ikhlas dalam permulaan menuntut ilmu bagi anak-anak tidak boleh menjadi syarat.

Jika demikian, mungkin anak-anak bahkan para pemula yang beranjak dewasa tidak akan mendapat kesempatan belajar agama. Akan ada banyak orang yang buta terhadap ilmu agama jika ikhlas menjadi syarat utama untuk diterimanya seorang untuk memulai belajar memahami ilmu. Sebab banyak di antara mereka yang kesulitan untuk memulai dengan ikhlas.

 

Selanjutnya :

Dilakukan Bertahap

Topik Terkait :

Peran SBY Saat Main Film" The Tomorrow War" Bareng Chris Pratt

Jangan Lewatkan