Ajak Anak Nonton Asian Para Games, Bisa Ajarkan Nilai Positif

Tak ada hal yang bisa membatasi untuk bisa berkarya dan berprestasi.

Mutia
| 10 Oktober 2018 08:12

Dream - Setelah Asian Games, kini Asia Para Games digelar di Jakarta. Perhelatan olahraga yang berlangsung hingga 18 Oktober mendatang ini, bukan hanya seru untuk ditonton tapi juga bisa jadi ajang menularkan semangat positif pada buah hati.

Astrid Wen, seorang psikolog anak, mengungkap dengan mengajak anak menonton pertandingan Asian Para Games bisa mengajarkan pada mereka kalau tak ada batas untuk berkarya.

Keuletan selalu memiliki hasil, seperti para atlet Asian Para Games yang bertanding walau memiliki fisik yang tidak lengkap.

" Jadi, orangtua bisa memberikan nilai-nilai positif bahwa orang disabilitas juga bisa berolahraga, bisa mengikuti lomba," kata Astrid kepada Liputan6.com.

Dengan menonton pertandingan Asian Para Games 2018 anak juga belajar sportivitas dan pantang menyerah. Orangtua bisa mengajak anak bertemu para atlet dan jika memungkinkan, ajak anak untuk berinteraksi dengan mereka.

" Kalau bisa, beri kesempatan anak untuk berinteraksi langsung dengan atlet disabilitas, salaman langsung, mendengarkan kisah mereka seperti apa. Pasti banyak kisah mereka yang memotivasi kita," tutur wanita pendiri PION Clinician ini.

Lalu, saat di stadion atau lapangan pertandingan, beri tahu soal lingkungan ramah disabilitas. Misalnya dengan menunjuk ada area turunan bukan tangga, sehingga kaum difabel yang memakai kursi roda bisa melewatinya.

Di lain waktu, orangtua juga bisa mengajak anak untuk bergaul di komunitas yang ramah disabilitas. " Kalau pengalaman anak lebih banyak bergaul di komunitas ramah disabilitas juga akan sangat baik, akan membuat anak lebih empati," katanya.

Sumber: Benedikta Desideria/ Liputan6.com

Tak Ada Lagi Foto Mendiang Suzzanna di Rumah, Ini Alasan Clift Sangra

Jangan Lewatkan