AIMI Desak Kemenkumham Penuhi Hak Menyusu Putra Vanessa Angel

Dipenjaranya Vanessa membuat ia tak bisa menyusui langsung putranya.

Mutia Nugraheni
| 3 Desember 2020 12:04

Produksi ASI Berkurang

Saat ibu menstruasi, sangat aman untuk menyusui. Hanya saja tubuh ibu mengalami sedikit perubahan hormon. Tetaplah menyusui saat menstruasi, terutama jika bayi masih di bawah enam bulan.

Ada sedikit perubahan pada ASI jika ibu menstruasi. Apa saja?

1. Produksi ASI berkurang
Beberapa ibu mengeluhkan penurunan sementara produksi ASI saat menstruasi. Biasanya ini disadari ibu yang memerah ASI dan terlihat jumlahnya saat disimpan dalam botol atau plastik ASI. Ini adalah perubahan sementara dan menjadi normal dalam beberapa hari.

Pastikan saja ibu mengonsumsi makanan kaya protein dan gizi lain. Telur, ikan, daging dan sayuran hijau agar tubuh tetap fit. Menyusui dan menstruasi akan membuat tubuh jadi lebih lemas, asupan bergizi akan membuat ibu tetap fit.

2. Perubahan komposisi ASI
Beberapa peneliti menemukan bahwa selama ovulasi dan menstruasi, jumlah natrium dan klorida meningkat, sedangkan laktosa dan kalium menurun dalam ASI. Hal ini mungkin menyebabkan sedikit perubahan pada rasa ASI.

3. Nyeri pada puting
Perubahan hormonal yang menyertai menstruasi dapat menyebabkan nyeri pada puting. Ini adalah perubahan sementara. Teruslah menyusui daan memerah untuk menghindari saluran ASI tersumbat. Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan atau konsultan laktasi jika nyeri payudara yang parah saat menyusui.

 

BERANI BERUBAH: Angkringan Rasa Seniman - Berani Berubah

Jangan Lewatkan