Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

8 Manfaat Baca Buku untuk Perkembangan Anak Sejak Bayi

8 Manfaat Baca Buku untuk Perkembangan Anak Sejak Bayi Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)

Dream - Kebiasaan membaca buku harus sudah diterapkan pada anak ketika ia masih bayi, bahkan sejak ia berada dalam kandungan. Kebiasaan ini harus dimulai dari orangtua yang gemar membaca buku. Karena ada begitu banyak manfaat baca buku yang baik untuk perkembangan anak kelak.

Berdasarkan penelitian dari Scholastic tahun 2016, 62% orangtua yang memiliki anak usia 3-5 tahun mulai gemar membaca buku dan menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama orangtua lewat baca buku bersama. Hal ini membuat hubungan antara orangtua dan anak menjadi lebih dekat.

Bahkan, American Academy of Pediatrics menyarankan pada orangtua untuk mulai mengajarkan anak gemar membaca sedini mungkin. Dengan begitu manfaat baca buku bisa diperoleh anak sejak dini, mulai dari kemampuan berbahasa, kemampuan motorik, dan kemampuan anak untuk bersosialisasi.

Berikut 8 manfaat baca buku yang baik untuk perkembangan anak, dan akan membuat Anda untuk bersemangat mengajarkan anak untuk gemar membaca.

Manfaat Baca Buku untuk Kemampuan Berbahasa Anak

Dengan mengajarkan anak membaca sedini mungkin, anak akan mengenal lebih banyak kata-kata baru yang tidak ia dapatkan ketika berinteraksi dengan orangtua. Manfaat baca buku untuk kemampuan berbahasa anak berupa:

Menambah Kosakata Anak

Di dunia ini ada begitu banyak Bahasa dan kata, namun tidak semua kata sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca buku, kemampuan anak dalam berbahasa akan meningkat, anak akan menemukan kosakata baru yang mungkin sangat asing baginya.

Penambahan kosakata tentu akan membuat anak menjadi lebih unggul dibandingkan dengan anak-anak lain yang tidak dibiasakan untuk membaca. Peran orangtua dalam mengajari anak untuk memahami kosakata baru yang ia dapatkan lewat membaca buku ini sangat penting.

Membuat Anak Lebih Cepat Bicara

Membacakan buku cerita pada anak yang masih berusia kurang dari 2 tahun memiliki manfaat yang tak terduga. Manfaat baca buku untuk anak usia ini ialah mampu membuat anak lebih cepat bicara dibandingkan dengan anak lain yang tidak dibiasakan untuk membaca buku. Dengan rutin membacakan buku, anak akan terangsang untuk mengikuti apa yang diucapkan orangtuanya lebih cepat.

Manfaat Baca Buku untuk Kemampuan Motorik Anak

Manfaat baca buku untuk anak tidak hanya baik bagi perkembangan berbahasa, tapi juga sangat baik untuk perkembangan motorik anak. Seperti

Membuat Anak Lebih Mudah Memahami Sesuatu

Rutin membacakan buku anak, dan mengajarkan anak untuk gemar membaca akan membuat anak lebih mudah untuk memahami sesuatu. Hal ini terjadi karena anak sudah terbiasa dihadapkan dengan alur dari cerita yang ia baca. Alur cerita yang beragam sangat berperan penting dalam manfaat baca buku satu ini.

Meningkatkan Kepekaan Anak

Tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan anak untuk memahami sesuatu. Rutin membaca buku, bisa membuat anak menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya. Dari buku, anak akan belajar mengenai sebab akibat, baik dan buruk, sehingga anak akan lebih peka terhadap kondisi lingkungan.

Kepekaan anak terhadap lingkungan sekitarnya akan membuat anak lebih mudah menjalani hari-harinya kelak. Tentu hal ini menjadi bekal yang berharga bagi anak ketika dewasa nanti.

Manfaat Baca Buku untuk Kemampuan Sosial Anak

Kemampuan memahami sesuatu dengan baik, ditambah dengan kepekaan terhadap lingkungan sekitar, akan membuat anak menjadi orang yang mampu bersosialiasi dengan baik.

Mampu Mengasah Kemampuan Bersosialisasi Anak

Dari sebuah cerita dalam buku, terdapat banyak emosi yang disampaikan. Dari emosi-emosi ini, akan membuat anak mampu untuk merespon suatu kejadian dengan baik. Terlebih ketika ia dewasa nanti, bekal ini akan menjadi sangat penting untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi dengan orang lain.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat baca buku untuk anak juga dapat membuat anak lebih mudah mengingat sesuatu. Seperti yang kita tahu, anak-anak lebih mudah menerima sesuatu yang baru di usia mereka. Akan sangat baik, kalau masa kanak-kanak mereka dipenuhi dengan ingatan baik yang berisi banyak ilmu dengan membaca buku.

Manfaat Baca Buku untuk Bayi

Tidak hanya untuk anak yang berusia di atas 2 tahun, manfaat baca buku juga bisa didapatkan oleh bayi yang baru lahir. Seperti kegiatan membacakan buku kepada bayi dan rutin mengajaknya bicara, menjadi kegiatan bermanfaat bagi perkembangan bayi.

Membuat Bayi Merasa Tenang

Dengan membacakan buku untuk bayi, akan membuat bayi merasa lebih tenang karena mendengar suara ibu. Kegiatan membacakan buku untuk anak yang masih bayi dapat dilakukan menjelang jam tidur si kecil. Suara ibu yang membacakan cerita akan membuat anak merasa nyaman dan rileks, sehingga sangat baik bagi kualitas tidurnya.

Memperkuat Ikatan Bayi dengan Orangtua

Manfaat baca buku untuk anak tidak hanya diterima oleh si kecil saja. Bagi orangtua yang rutin membacakan buku untuk anaknya yang masih bayi, akan membuat anak lebih mengenali orangtuanya, mulai dari suara dan pelafalan. Apabila kegiatan baca buku dilakukan secara rutin, makan ikatan orangtua dengan anak yang masih kecil menjadi lebih kuat.

Sumber: Psychology Today dan Mom Junction

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pentingnya Mengajarkan Surat Pendek kepada Anak, Inilah 10 Bacaan yang Cepat Dihafalkan
Pentingnya Mengajarkan Surat Pendek kepada Anak, Inilah 10 Bacaan yang Cepat Dihafalkan

Mengajarkan surat pendek memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan dan pembentukan kepribadian dalam diri anak.

Baca Selengkapnya
170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting
170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting

Nasehat dari orang tua kepada anaknya memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak dan membantu mereka tumbuh dengan baik.

Baca Selengkapnya
Kelebihan Anak Keras Kepala yang Sering Tak Disadari Orangtua
Kelebihan Anak Keras Kepala yang Sering Tak Disadari Orangtua

Anak keras kepala cenderung ingin mencoba sesuatu dan tak mendengar pendapat orang lain.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.