Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Cara Menyapih Anak secara Efektif, Mama Wajib Tahu

5 Cara Menyapih Anak secara Efektif, Mama Wajib Tahu Shutterstock.com

Dream – Bagi seorang ibu, pasti selalu ingin memberikan asupan nutrisi terbaik bagi bayinya. Sumbernya adalah air susu ibu (ASI) yang tentunya sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan buah hati.

Memberikan ASI dimulai setelah bayi lahir hingga usia 2 tahun. Namun ada juga anak yang masih menyusu meskipun usianya sudah 3 atau bahkan 5 tahun.

Kebiasaan menyusu memang jadi hal yang sangat sulit untuk dihentikan. Anak bukan hanya mencari sumber rasa kenyang tapi juga kenyamanan saat menyusu dengan ibu.

Untuk itu sebagian besar anak-anak akan mengalami kesulitan saat harus disapih atau dihentikan kebiasaannya menyusu. Ada yang menangis, mengamuk, tak mau makan dan masih banyak lagi.

Dibutuhkan kesabaran dan bantuan dari ayah, untuk menyapih anak. Apapun caranya, menyapih dengan cinta adalah dasarnya. Jangan sampai anak merasa 'tersiksa' karena disapih.

Panduan menyapih berikut mungkin bisa membantu Sahabat Dream saat menyapih si kecil.

Lakukan secara Perlahan

Menyapih tidak hanya sulit untuk si kecil saja, ternyata sang ibu juga ikut merasakan kesulitan. Menyusui sudah menjadi kebiasaan, dengan memberhentikannya tentu akan membuat ibu jadi tidak tega.

Salah satu cara menyapih anak adalah dengan memulai proses secara perlahan. Diperlukan pendekatan yang lambat tapi pasti untuk bisa menghilangkan kebiasaan menyusui pada si kecil. Bisa mulai mengurangi jatah menyusu dengan memberikannya camilan atau makanan pendaping ASI lainnya. Dengan perut yang terisi, memungkinkan si kecil untuk tidak meminta 'nenen' di tiap waktu.

Pelajari Kenyamanan Anak

Sebelum menyapih si kecil, perlu diperhatikan apakah si kecil memang benar-benar telah siap untuk disapih. Menyapih si kecil pada saat ia belum siap bisa memicu pemberontakan, marah hingga rewel.

Untuk bisa melihat apakah si kecil sudah siap untuk disapih, perhatikan tindakan dan sikap yang ditunjukkannya pada saat tertentu. Menolak untuk duduk dalam waktu yang lama serta sudah bisa makan makanannya sendiri merupakan momen yang paling pas untuk menyapih si kecil. Pastikan juga kenyaman si kecil pada saat proses menyapihnya.

Memberikan Kenyamanan Lain

Meskipun telah mendapatkan asupan nutrisi lain yang berasal dari makanan yang dikonsumsinya, terkadang si kecil masih ingin menyusu. Selain untuk mengisi perut, adanya ikatan dan kenyamanan yang dirasakan oleh si kecil menjadi faktor utamanya.

Cari kenyamanan lain untuk si kecil. Misalnya dengan membacakan buku, memberi mainan, boneka atau hal-hal disukainya. Ungkapkan juga padanya kalau dirinya sudah semakin besar.

Tanamkan pada anak kalau dirinya sudah bukan bayi lagi, sementara ASI hanya untuk adik bayi. Biasanya dengan begitu, anak lebih mudah menerima.

Mengganti dengan Botol Susu

Cara menyapih anak selanjutnya adalah dengan mengganti cara menyusui yang sebelumnya dilakukan secara langsung menjadi menggunakan botol susu. Saat menggantinya dengan botol memang tidak mudah. Perbedaan bentuk puting yang ada di botol cenderung akan membuat si kecil tidak mau menyusu pada botol susu.

Pastikan dahulu dot bayi nyaman bagi mulut bayi. Bisa juga memberikan susu dengan gelas atau sendok. Justru jauh lebih baik.

Hindari Mengingatkan Tentang 'Nenen'

Salah satu hal penting dalam cara menyapih anak adalah membuat si kecil tidak memikirkan lagi aktivitas menyusu. Bisa mengalihkannya dengan mainan atau memberikannya aktivitas seru.

 

Jangan lupa untuk selalu sediakan camilan yang menarik bagi si kecil. Cara ini cukup efektif untuk membuat perutnya kenyang, tak lagi fokus pada payudara ibu dan melatih oral motoriknya. Biarkan anak mengambil sendiri lalu menggenggam dan mengunyahnya. (mut)
 
 
(Sumber: Boldsky)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
7 Tips Mudik Aman yang Bikin Anak Tak Rewel Sepanjang Perjalanan, Ayah Bunda Wajib Tahu

7 Tips Mudik Aman yang Bikin Anak Tak Rewel Sepanjang Perjalanan, Ayah Bunda Wajib Tahu

Berbagai kekhawatiran saat mudik pasti ada, seperti anak rewel, tidak nyaman, sakit, dan sebagainya.

Baca Selengkapnya
Main Petak Umpet Direkomendasikan Psikolog Biar Anak Tak Mudah Cemas Saat Ditinggal

Main Petak Umpet Direkomendasikan Psikolog Biar Anak Tak Mudah Cemas Saat Ditinggal

Anak yang berusia di bawah tiga tahun atau batita, memang sangat mudah cemas dan menangis ketika ditinggal orangtua.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
10 Rekomendasi Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Edisi Terbaru 2024

10 Rekomendasi Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Edisi Terbaru 2024

Jika anak Kamu mengalami berat badan yang tidak normal, berikut rekomendasi susu untuk menaikkan berat badan anak.

Baca Selengkapnya