Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Cara Mengatasi Anak Mengompol, Ampuh dan Efektif

5 Cara Mengatasi Anak Mengompol, Ampuh dan Efektif Shutterstock.com

Dream – Mengompol merupakan suatu hal yang wajar dialami oleh anak-anak. Kebiasaan mengompol pada umumnya terjadi pada mereka yang masih balita hingga terkadang sampai awal anak masuk Sekolah Dasar (SD).

Kebiasaan mengompol harus bisa dikurangi ketika anak sudah mulai belajar menggunakan toilet sendiri.  Menurut Mayo Clinic, setidaknya terdapat 15% anak-anak pada usia 5 tahun masih mengalami mengompol, dan kurang dari 5% anak-anak pada usia 8 hingga 11 tahun terkadang masih juga mengalami mengompol.

Mengompol juga lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada perempuan. Penyebabnya pun beragam.

Mulai dari belum kuat untuk menahan rasa ingin buang air kecil sepanjang malam hingga perkembangan kantung kemih yang terlambat. Tidak perlu khawatir, terdapat berbagai cara mengatasi anak mengompol yang bisa diterapkan di rumah.

Tidak Memberikan Minuman Berlebih

Cara mengatasi anak mengompol yang pertama adalah dengan tidak memberikannya  banyak minum pada malam hari. Dengan memberikan minum terlalu banyak pada anak, akan membuatnya sulit menahan buang air kecil.

Anak-anak cenderung masih belum bisa mengontrol hasrat ingin buang air kecil jika kantung kemih jika sudah penuh. Untuk itu, cobalah untuk mengurangi konsumsi cairan pada malam hari. Apabila sudah terbiasa minum banyak susu jelang tidur, ajak si kecil buang air kecil sebelum tidur.

Biasakan Buang Air sebelum Tidur

Seperti yang dikatakan sebelumnya, jika konsumsi cairan pada anak sangat banyak, usahakanlah untuk membiasakan sang anak buang air kecil sebelum tidur. Ini merupakan salah satu cara mengatasi anak mengompol yang efektif dan ampuh.

Meskipun terkadang masih ada beberapa anak yang mengompol, namun frekuensi mengompol yang dialami oleh si kecil akan semakin berkurang.

Usahakan untuk membuat jarak antara waktu tidur si kecil dengan konsumsi cairan di malam hari. Usahakan untuk memberikan minuman baik itu air putih ataupun susu setidaknya 20-30 menit sebelum si kecil terlelap tidur.

Setelah 30 menit, ajaklah mereka untuk buang air kecil di kamar mandi.

Buat Jadwal Rutin ke Kamar Mandi

Cara mengatasi anak mengompol selanjutnya adalah dengan membuat jadwal rutin ke kamar mandi bagi si kecil. Tidak hanya jadwal rutin mengunjungi kamar mandi, namun juga jadwal rutin pemberian cairan baik itu air putih maupun susu.

Misalnya, jika anak sudah terlalu banyak mengonsumsi cairan pada pagi dan sore hari maka pada malam hari, bisa mengurangi jumlah konsumsi cairannya.

Ajaklah anak ke toilet sesering mungkin. Biasakan pergi ke kamar mandi secara teratur pada siang hari serta sebelum tidur. Untuk melihat hasilnya, ibu bisa menulis atau mencatatnya pada jurnal harian dan lihat hasil yang didapat.

Segera Atasi Sembelit Anak

Sembelit ternyata sangat berkaitan dengan mengompol. Jika anak memiliki masalah mengompol bisa jadi ia juga memiliki masalah sembelit.

Menurut Cleveland Clinic, anak sering buang air kecil merupakan salah satu tanda adanya sembelit di tubuh si kecil.

Mengapa demikian? Pada dasarnya letak dari rectum atau anus berada tepat di belakang kantung kemih.  Posisi yang saling berdekatan inilah yang mampu mempengaruhi siklus serta kadar urine pada beberapa anak. Akan lebih baik jika memperhatikan juga siklus buang air besar anak di setiap harinya. Apabila dirasa siklus sang anak tidak lancar dan terindikasi terkena sembelit, segeralah berkonsultas ke dokter anak.

Beri Anak Penghargaan

Terkadang, si kecil akan merasa malas sekali untuk ke kamar mandi. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memberikan sebuah pengharagaan setiap mereka berhasil buang air di kamar mandi.

Tak melulu harus hadiah. Bisa juga pujian, pelukan, toss atau tempelan bintang di bajunya. Hal ini mendorong si kecil lebih bersemangat untuk buang air kecil di kamar mandi dan tentunya bisa mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaannya mengompol. (mut)
 
 
 
(Sumber: hellosehat dan alodokter)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Trik Memperbaiki Postur Anak yang Bungkuk dengan Elastic Taping

Trik Memperbaiki Postur Anak yang Bungkuk dengan Elastic Taping

Postur tubuh anak yang bungkuk bisa disebabkan beberapa kebiasaan. Hal ini pun bisa diatasi dengan kebiasaan simple.

Baca Selengkapnya
Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi, Biar Nggak Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi, Biar Nggak Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Perubahan hormon ternyata bisa mempengaruhi pergerakan usus yang menyebabkan perut kembung.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bikin Geregetan! Terlalu Asyik Ngobrol Lewat Ponsel, Ibu Salah Masukkan Anak ke Dalam Kulkas, Baru Sadar Saat Suami Tanyakan Si Kecil

Bikin Geregetan! Terlalu Asyik Ngobrol Lewat Ponsel, Ibu Salah Masukkan Anak ke Dalam Kulkas, Baru Sadar Saat Suami Tanyakan Si Kecil

Sayangnya kecanduan menggunakan telepon pintar bisa membuat seorang ibu hampir membunuh anaknya.

Baca Selengkapnya
Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Niat Ahmad Dhani menjadikan rumahnya sebagai tempat menggelar sholat tarawih berjemaah malah jadi gunjingan netizen. Apa saja sih nasihat dari netizen +62?

Baca Selengkapnya