5 Cara Mendidik Anak di Era Digital, Yuk Cari Tahu

Perkembangan teknologi dan digitalisasi sangat mustahil untuk dihindari dalam tumbuh kembang anak-anak.

Arini Saadah
| 30 Juni 2020 08:02

Gunakan Aplikasi Ramah Anak

Sebagai orangtua, Sahabat Dream perlu mengawasi segala tindakan anak-anak ketika menggunakan gadget untuk berselancar di dunia maya.

Saat berselancar itulah banyak konten negatif bermunculan yang memancing keingintahuan anak. Maka dari itu, sebaiknya kamu menggunakan aplikasi ramah anak sebagai cara mendidik anak di era digital. Banyak pengembang perangkat lunak yang memungkinkan orangtua memasang aplikasi ramah anak melalui parental control.

Aplikasi ramah anak yang bisa kamu pilih sebagai parental control adalah Kaspersky Safe Kids dan Net Nanny. Sedangkan khusus untuk mesin pencari, terdapat aplikasi Kiddle, Kidney dan Wackysafe yang ramah anak dengan tampilan menarik.

Pasang aplikasi tersebut di ponsel pintar yang digunakan khusus untuk anak-anak. Namun kamu perlu menjelaskan kepada anak-anak terkait aplikasi tersebut. Jangan memasang aplikasi secara sembunyi-sembunyi untuk memata-matai anak agar mereka merasa privasinya dihargai oleh orang tua.

Selain itu, ada juga aplikasi ramah anak yang difungsikan untuk belajar tumbuh kembang anak. Contohnya, aplikasi Duolingo dapat digunakan untuk belajar Bahasa, Quick Maths untuk belajar berhitung, PBS Kids Video berisi animasi pembelajaran aktivitas sehari-hari.

Selanjutnya :

Berilah Contoh yang Baik

Miris! Warga & PKL Tumpah Ruah di Pasar Tanah Abang Meski PSBB

Jangan Lewatkan