4 Tanda Saat Si Kecil Sudah Siap Masuk TK

Jangan sampai saat sudah didaftarkan dan masuk kelas, anak ternyata 'mogok' sekolah.

Mutia Nugraheni
| 21 April 2017 12:04

Dream - Usia 4 hingga 6 tahun merupakan usia yang pas untuk memasukkan anak ke sekolah taman kanak-kanak (TK). Tapi usia tak selalu jadi patokan, karena kesiapan anak juga harus dilihat.

Jangan sampai saat sudah didaftarkan dan masuk kelas, anak ternyata 'mogok' sekolah. Sebenarnya tiap sekolah memiliki kebijakan khusus dalam menerima murid, tapi secara umum jika anak sudah memiliki kemampuan berikut, ia sudah sangat siap sekolah di TK.

- Mengerti instruksi sederhana
Cobalah memberi instruksi pada anak, misalnya minta ia membuang sampah di tempat sampah atau menaruh piring kotor di bak cuci piring. Jika ia sudah terbiasa dan mengerti dengan instruksi sederhana akan lebih mudah melakukan kegiatan di TK.

- Anak bisa duduk diam
Bisa duduk selama minimal 10-15 menit bisa dibilang hal yang sangat penting. Anak mungkin tak akan duduk berjam-jam tapi akan ada aktivitas di kelas yang mengharuskannya duduk diam di bangkunya.

- Bisa ditinggal
Hal ini mungkin yang sulit dihadapi oragtua dan anak. Menangis dan panik saat orangtua meninggalkannya di sekolah. Orangtua pun tak tega meninggalkannya. Cobalah untuk melatih si kecil dengan 'meninggalkannya' di tempat main atau rumah kerabat. Lihat responsnya, jika ia panik dan menangis mungkin belum siap dan Anda harus melatihnya.

- Bisa menggunakan toilet
Kemampuan menggunakan toilet adalah kemampuan dasar. Di TK anak juga akan diajarkan, tapi akan jauh lebih baik jika di rumah ia sudah terbiasa ke toilet sendiri dan Anda hanya mengawasi dari jauh. Hal ini penting agar tidak terjadi 'insiden' mengompol di kelas.

- Berkomunikasi dengan orang dewasa
Kemampuan berkomunikasi dengan orang dewasa juga penting. Dalam hal ini adalah guru-gurunya di sekolah. Jika anak mengalami sakit, keluhan atau semacamnya, ia pun bisa menyampaikan pada gurunya dengan jelas.


Sumber: The Spruce

 

Topik Terkait :

Nikita Mirzani Dilarikan Ke Rumah Sakit

Jangan Lewatkan