4 Tanda Saat anak Alami Masalah Psikologis

Kepekaan sangat dibutuhkan orangtua untuk bisa memahami kondisi psikologis anak.

Mutia Nugraheni
| 11 Februari 2019 08:12

Dream - Sebagai orangtua, sangat penting untuk memantau perilaku anak serta kegiatan mereka sehari-hari. Hal ini memungkinkan kita untuk mengetahui apa yang sedang dialami sang anak.

Kepekaan sangat dibutuhkan orangtua untuk bisa memahami kondisi psikologis anak. Terkadang kita dapat mengetahui perubahan sikapnya, tapi kadang juga kita merasa tak ada apa-apa, padahal sebenarnya ia sedang mengalami masalah besar.

Coba perhatikan perubahan-perubahan berikut. Jika terjadi pada buah hati tak ada salahnya untuk berbicara secara fokus padanya untuk mengetahui masalah yang dialaminya.

1. Prestasi menurun drastis
Jika anak mendapatkan nilai lebih rendah dari nilai normal, padahal sebelumnya tak demikian, maka perlu curiga. Bisaa kelemahan belajar mata pelajaran tertentu, kemalasan, kebutuhan akan perhatian lebih, atau masalah pertemanan di sekolah yang mempengaruhi prestasinya. Jangan langsung menilai, tapi tanyakan dulu pada anak apa sebabnya.

2. Sangat sensitif
Semua orang pasti mengalami perubahan suasana hati, terutama pada anak remaja di mana kondisi hormonnya sedang berfluktuasi. Mereka juga lebih rentan mengalami stres dan depresi. Usahakan agar Sahabat Dream selalu bisa jadi teman bicara yang menenangkan bagi anak.

3. Menyembunyikan sesuatu
Ketika Anda mengetahui bahwa mereka telah menyembunyikan sesuatu, bahkan jika itu tampaknya tidak sesuai dengan kebiasaanya, itu merupakan indikasi pada perilaku yang mencurigakan. Hal ini menunjukkan kalau anak tak lagi mempercayai Anda. Ini artinya komunikasi tak berjalan dengan baik dan mungkin saja ada rahasia besar yang disimpannya.

4. Perubahan pertemanan
Mencari teman baru adalah hal yang baik, tetapi menjadi peringatan bagi orangtua ketika anak mereka berhenti menghabiskan waktu dengan satu kelompok dan mulai bergaul dengan sekelompok orang baru.

Apalagi jika lingkaran pertemanannya itu membawa pengaruh buruk pada anak. Penting untuk mengetahui teman-tean yang kerap menghabiskan waktu bersama buah hati. Akan lebih baik jika Anda juga mengenal orangtuanya.

Laporan Tri Yuniwati/ Sumber: TheHealthSite

Topik Terkait :

Tren Busana Muslimah di Panggung indonesia Fashion Week 2019

Jangan Lewatkan