Meski Lawas, Pola Asuh Ini Harus Diterapkan Pada Buah Hati

Meski zaman berubah, hal-hal berikut harus tetap diajarkan pada si kecil dengan cara apapun.

Mutia
| 17 Juli 2017 08:03

Dream - Gaya hidup terus berubah mengikuti zaman. Dulu saat kita kecil, komunikasi hanya dilakukan secara langsung dengan bertatap muka. Kini, justru lebih banyak melalui media komunikasi, baik telepon, ponsel maupun media sosial.

" Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zaman mu," begitu pesan Ali Bin Abi Thalib RA. Tentunya gaya pengasuhan orangtua pada Anda dulu tak bisa
ditiru untuk mengasuh anak saat ini.

Tapi ada tiga hal yang selalu diajarkan orangtua sejak dulu, yaitu kesopanan, kegembiraan dan tanggung jawab. Hal-hal tersebut tak akan pernah lekang meski zaman berubah, harus tetap
diajarkan pada si kecil dengan cara apapun.

- Main di luar rumah
Tugas utama anak-anak adalah bermain dan bersenang-senang. Saat bermain mereka juga belajar dan mengeksplorasi. Bermain sangat dibutuhkan untuk kesehatan psikologis dan fisik anak. Jangan biarkan anak terlalu sering bermain gadget atau menonton dan pasif dalam rumah. Ajaklah ia keluar rumah untuk bermain. Sinar matahari, hembusan angin, debu-debu, tetesan hujan, jadi hal yang sangat penting bagi perkembangan fisik dan mental anak.

- Kesopanan
Adab menghormati yang lebih tua ini juga harus terus ditanamkan. Tak boleh menyela pembicaraan orang lain, harus menunggu hingga orang lain selesai bicara baru melontarkan pendapat. Harus pamit saat ke luar rumah. Memberi salam saat masuk dan sikap-sikap yang menunjukkan kesopanan lainnya. Jangan sampai anak tumbuh menjadi pribadi yang dangkal dan tak tahu kondisi sekitar dan kurang berempati.

- Membantu pekerjaan rumah hukumnya wajib
Anda mungkin memiliki asisten rumah tangga atau pengasuh untuk buah hati. Tapi tetap harus mengajarkan bagaimana merawat rumah, menyapu, mencuci pakaian, menjemur, bahkan memasak pada buah hati. Ini adalah keterampilan hidup yang sangat dibutuhkannya kelak saat ia harus jauh dari rumah. Pekerjaan rumah ini juga mengajarkannya bertanggung jawab dan menghargai orang lain yang mengerjakannya.

Sumber: Positive Parenting

 

Topik Terkait :

NOAH, Raisa - Isyana dan GAC Jadi Satu Oleh Nadya Fatira

Jangan Lewatkan