Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

3 Hal yang Perlu Dikatakan Ayah Pada Anak Lelakinya

3 Hal yang Perlu Dikatakan Ayah Pada Anak Lelakinya Ayah Dan Anak Lelakinya/ Foto: Shutterstock

Dream - Dalam hal pengasuhan anak, ayah cenderung lebih banyak mencontohkan lewat sikap. Ayah biasanya berusaha memberi tahu dengan sedikit kata-kata dan lebih ingin menjadi sosok teladan untuk anak-anaknya.

Dibandingkan ibu, ayah memang lebih suka memberi tahu banyak hal pada anak lewat contoh. Sebenarnya, anak juga butuh validasi dari ayahnya lewat kata-kata dan hal ini sering dilupakan. Terutama ketika anak mencari tahu alasan sikap ayahnya dan butuh penjelasan.

"Anak-anak tidak tahu apa yang ada di kepala Anda. Penting bagi para ayah untuk sedikit lebih terbuka tentang banyak hal, untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak-anak mereka, pengaturan emosi, dan perlakuan umum terhadap orang lain," ujar Jeff Bostic, M.D., psikiater di MedStar Georgetown University Hospital.

Bersikap terbuka tentang hal tertentu bisa membantu anak dalam hal tumbuuh kembang emosinya. Terutama bagi anak laki-laki, yang sering menginternalisasi gagasan bahwa kerentanan atau kesedihan adalah sifat negatif.

"Mereka perlu mendengar hal-hal tertentu keluar dari mulut ayahnya," pesan Bostic.

Apa saja yang perlu didengar anak dari mulut ayahnya?

1. Kata-kata baik tentang ibunya
"I love you, itu sangat bagus. Mendengar ayahnya mengatakan hal tersebut pada ibunya," ujar Bostic.

Ungkapan cinta, sikap penuh kasih sayang ayahnya pada ibu akan sangat membentuk kepribadian anak lelaki. Ini sebagai contoh penting bagi mereka kelak ketika mengungkap cinta untuk orang sekitar dan pasangannya kelak.

2. Pengakuan akan kegagalan dan memperbaiki masalah

Pastinya ada momen di mana ayah mengalami kegagalan atau berhadapan dengan masalah. Seperti motor yang rusak saat jalan bersama, mobil yang mogok, rencana yang berantakan.

"Biasanya para ayah akan menjadi sangat emosi menghadapi situasi ini. Marah, mengumpat mungkin jadi hal yang keluar dari mulut, tapi anak membutuhkan sosok yang mengaku kalau ayahnya sedang stres, bingung dan marah. Hal itu merupakan sangat wajar, karena sebagai manusia kita pasti akan mengalami stres dan tekanan," ujar Bostic.

Satu lagi yang sangat penting, ketika berhadapan dengan masalah adalah berdiskusi dengan anak untuk mencari solusi. Bagi ayah, jangan gengsi untuk bertanya pada anak saat mencari solusi. Mereka akan belajar banyak lewat hal tersebut.

 

3. Penjelasan soal emosi

Mengekspresikan kebahagiaan itu baik dan mengungkapkan kekhawatiran sangat baik. Para ayah seringkali segan mengungkapkan emosi yang dialami pada anak melalui kata-kata.

"Jika kita mengalami dan tidak mengungkapkannya, maka cenderung tidak bisa mengelola hal tersebut dengan baik. Hal ini akan sangat dirasakan anak," ujar Bostic.

Anak bisa mencontohnya, tertanam pada pikiran kalau lelaki harus menyimpan emosi. Hal ini sangat tidak baik bagi perkembangan emosinya. Jadi, utarakan emosi yang sedang dialami pada anak, tak perlu sungkan.

Sumber: Fatherly

Otak Ayah Bisa Berubah Drastis Saat Punya Anak

Dream - Dalam hal mengurus dan mengasuh anak, sebagian besar orang beranggapan kalau ibu lebih andal, meskipun ayah juga punya caranya sendiri. Memang, baik ayah maupun ibu punya gaya yang berbeda dalam pengasuhan.

Satu yang pasti, setelah anak lahir otak ayah juga mengalami perubahan. Hal ini dijelaskan oleh dr. Putu Ayuwidia Ekaputri Msc, ahli dalam cognitive neuroscience.

Menurutnya, ayah memang tak sepeka ibu karena mereka tak hamil dan melahirkan, tapi bukan berarti dalam pengasuhan anak mereka tak beradaptasi. Ayah justru butuh banyak diberi kesempatan untuk belajar.

"Di awal, ayah mungkin ga segesit, ga sepeka kita. Tp ayah juga perlu diberi KESEMPATAN untuk membangun bonding, melatih diri, dan akhirnya otaknya beradaptasi dengan baik. Perubahan otak ini ga hanya berdampak baik untuk anak tapi juga ayah. Memang, mungkin pengasuhannya tidak sesempurna kita (karena ya otaknya blm beradaptasi seperti ibu), tapi tanpa kesempatan ya Ayah tidak akan belajar," tulis dr. Putu dalam akun Instagram pribadinya @diadiawidia.

Biarkan Ayah Berusaha

Dokter Putu menjelaskan, saat hamil dan melahirkan, tubuh perempuan mengalami berbagai perubahan fisiologis yang melibatkan berbagai hormon. Hal ini juga memfasilitasi perubahan di otak, mempersiapkan otak ibu untuk berespon dan membangun bonding dengan anaknya. Begitu juga dengan otak ayah tapi dengan cara berbeda.

"Perubahan otak ini menetap bertahun-tahun. Apakah ayah juga mengalami perubahan otak? Ternyata otak ayah juga mengalai perubahan yang signifikan. Bagian otak ayah yang berubah salah satunya berkaitan dengan hormon oksitosin, hormon yang mencetuskan rasa bahagia. Sebuah penelitian melihat bagaimana otak ayah saat anak berusia 1-4 minggu dan 12-16 minggu. Perubahan terlihat ketika usia anak 12-16 minggu," ungkapnya.

 

Kondisi Otak Ayah

Perubahan yang terjadi yaitu peningkatan volume gray matter di regio yang berkaitan dengan motivasi mengasuh anak (hipotalamus, amygdala, striatum, lateral prefrontal cortex). Sedangkan mengalami penurunan volume di orbito frontal kortex dan posterior cingulate.

Penelitian lain menunjukkan bahwa ketika ayah terlibat dalam pengasuhan anak, akan terjadi perubahan signifikan di otaknya yang berdampak positif pada hidup ayah. Seperti meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan kebahagiaan.

Berbeda dengan ibu yang nampak langsung gesit peka dan jago menghadapi anak baru lahir, si ayah perlu diberikan kesempatan. Dokter Putu memberi tahu, jika anak terlihat menangis dan tidak mau bonding dengan ayahnya, jangan langsung diambil.

"Ia juga orangtuanya. Berikan kesempatan ayah untuk ikut memahami tangisan si kecil. Dampingi tanpa menggurui. Terkadang ia sudah tidak percaya diri duluan. Berikan ruang ayah untuk belajar. Ingat, otaknya tidak sesiap ibu yang mengalami perubahan sejak hamil," pesannya.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting

170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting

Nasehat dari orang tua kepada anaknya memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak dan membantu mereka tumbuh dengan baik.

Baca Selengkapnya
Pentingnya Mengajarkan Surat Pendek kepada Anak, Inilah 10 Bacaan yang Cepat Dihafalkan

Pentingnya Mengajarkan Surat Pendek kepada Anak, Inilah 10 Bacaan yang Cepat Dihafalkan

Mengajarkan surat pendek memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan dan pembentukan kepribadian dalam diri anak.

Baca Selengkapnya
Orang Tua Wajib Tahu! Begini 9 Cara Melatih Anak Puasa Sejak Dini, Lengkap dengan Manfaatnya

Orang Tua Wajib Tahu! Begini 9 Cara Melatih Anak Puasa Sejak Dini, Lengkap dengan Manfaatnya

Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mengajarkan kepada anak-anaknya tentang pendidikan agama sejak kecil.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Respons Ayah Hadapi Anaknya yang Baret Mobil Pakai Batu Banjir Pujian Warganet

Respons Ayah Hadapi Anaknya yang Baret Mobil Pakai Batu Banjir Pujian Warganet

Sikap ayah hadapi anaknya yang telah membaret mobilnya dipuji warganet. Ia tidak memarahi dan hanya memberitahu agar anaknya tidak mengulangi hal itu lagi.

Baca Selengkapnya
Anak Tak Sengaja Baca Chat Alasan Ibunya Tak Ingin Cerai, Isinya Bikin Warganet Terharu

Anak Tak Sengaja Baca Chat Alasan Ibunya Tak Ingin Cerai, Isinya Bikin Warganet Terharu

Anak tak sengaja lihat pesan singkat ibunya yang berisi alasan tak ingin pisah dari ayahnya. Isi pesan singkat itu membuat warganet terharu.

Baca Selengkapnya
Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Posisi saat berhubungan intim hingga asupan makanan yang dikonsumsi berpengaruh untuk hamil anak perempuan.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya

Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya

Cara memilih mukena anak yang baik agar si kecil nyaman memakainya.

Baca Selengkapnya
Skill yang Wajib Dimiliki Anak tapi Suka Lupa Diajarkan Orangtua Menurut Psikolog

Skill yang Wajib Dimiliki Anak tapi Suka Lupa Diajarkan Orangtua Menurut Psikolog

Vera mengingatkan orangtua untuk melatih anak-anaknya membuat pilihan untuk hidupnya sendiri.

Baca Selengkapnya
Pengalaman Ibu Lepas Anak 6 Tahun Terbang Sendiri Liburan ke Aceh

Pengalaman Ibu Lepas Anak 6 Tahun Terbang Sendiri Liburan ke Aceh

Mungkin bisa jadi referensi bagi ayah bunda yang ingin melatih buah hatinya mandiri.

Baca Selengkapnya