3 Hal yang Penting Dipertimbangkan Saat Mencari Dokter Anak

Bukan hanya keahliannya tapi juga hal-hal berikut.

Mutia Nugraheni
| 11 Maret 2019 14:09

Dream - Mencari dokter anak yang mudah diajak berkomunikasi, mampu mengatasi kepanikan orangtua serta selalu mempertimbangkan psikologis anak, memang tidak mudah. Tiap dokter memiliki gaya, kepribadian dan keahliannya masing-masing.

Mengapa harus mencari dokter anak yang pas cocok dan pas di hati? Sahabat Dream bakal menemuinya saat si kecil sakit, demam, mengalami insiden jatuh, mencari sekolah, berkonsultasi seputar perkembangan psikologis, melalui masa puber hingga anak beranjak dewasa.

Untuk itu pastikan si dokter anak mampu diajak berkomunikasi dengan baik, bukan hanya urusan kesehatan dan medis. Bukan hanya keahliannya di sisi medis, tapi juga pertimbangkan faktor berikut.

- Pendengar yang baik
Dokter yang baik adalah dokter yang mendengarkan keluhan pasien dengan sangat detail. Bukan hanya mendengar keluhan orangtua, tapi juga menanyakan keluhan tersebut pada anak jika si kecil sudah bisa diajak bicara. Mereka akan mendengarkan keluhan dengan baik dan bukan menyepelekan.

- Perhatian pada hal kecil
Keluhan bisa muncul darimana saja, tapi dokter yang baik bakal memeriksa semua hal. Bukan hanya sumber keluhan tetapi bagian tubuh lain. Termasuk mendengarkan aktivitas si kecil sehari-hari yang mungkin berdampak pada kondisi fisik dan psikologisnya.

- Menghargai anak
Mereka bukan hanya mendengarkan orangtua tapi juga menghargai anak. Meminta izin saat memeriksanya, membuka bajunya serta membuat anak senyaman mungkin saat diperiksa olehnya. Hal ini akan sangat berdampak pada psikologis anak.

Sumber: Cafemom

Topik Terkait :

[19 Mar 16:00] Live Streaming #KLYLounge with Barasuara

Jangan Lewatkan