3 Dara Cilik Ini Punya Harapan Besar untuk Indonesia

"Senang bisa menyampaikan harapan saya untuk Indonesia melalui tulisan".

Mutia Nugraheni
| 24 Oktober 2018 14:10

Dream – Bagi banyak orang koran bekas mungkin tidak memiliki arti. Apalagi ketika sudah menjadi pembungkus makanan. Bagi Alfia, gadis kecil yang berasal desa terpencil, yaitu Desa Tanjung Sari, Grobogan, Jawa Tengah, koran bekas pembungkus nasi jagung menjadi salah satu sarana menumbuhkan minat menulisnya.

Alfia bahkan berhasil menjadi salah satu pemenang dalam Festival Penulis Cilik SiDU (FPCS) 2018. FPCS 2018 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan “ Ayo Menulis Bersama SiDU” yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan anak melalui kebiasaan menulis secara berkelanjutan.

Melalui karya tulisnya, Alfia yang bernama lengkap Alfia Kirana Maheswari (10 tahun), menuangkan harapannya tentang “ Indonesia Menjadi Negeri 1000 Pesawat Terbang”. Karya tulisnya tersebut tak lepas dari kekagumannya terhadap sosok BJ Habibie, mantan Presiden Indonesia.

Ada juga karya tulis dari Nisa, Juara I Festival Penulis Cilik SiDU (FPCS) 2018. Ia bercerita tentang kekhawatirannya melihat penggunaan plastik yang berlebih dan mengajak masyarakat memulai “ diet” sampah plastik. 

" Senang bisa menyampaikan harapan saya untuk Indonesia melalui tulisan. Menurut saya, menulis adalah cara menyenangkan untuk menyampaikan ide dan imajinasi. Melalui Festival Penulis Cilik SiDU, saya berharap bisa menginspirasi banyak orang untuk ikut ‘diet’ plastik,” tutur gadis manis bernama lengkap Siti Juneeta Khairunnisa.

Alfia dan Nisa merupakan dua dari 6.137 anak sekolah dasar dari berbagai wilayah di Indonesia yang mengirimkan karya tulis bertema “ Harapanku untuk Indonesia di Masa Mendatang” dalam FPCS 2018.

Digagas sejak tahun 2017, FPCS merupakan inisiatif dari Sinar Dunia (SiDU) Buku Tulis, salah satu produk unggulan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas. Kami berharap FPCS bisa menjadi wadah untuk menumbuhkan minat menulis anak serta mengajarkan mereka untuk berpikir kritis terhadap isu di sekitarnya,” tutur Head of Domestic Cultural Business Unit APP Sinar Mas Santo Yuwana.

Dari ribuan karya tulis yang masuk, SiDU Buku Tulis memilih tiga juara dengan karya tulis paling menarik. Mereka adalah Siti Juneeta Khairunnisa (Solo), Juara I FPCS 2018 dengan judul karya tulis " Indonesia Bebas Sampah Plastik" ; Alfia Kirana Maheswari (Grobogan), Juara II FPCS 2018 dengan judul karya tulis " Indonesia Menjadi Negeri 1000 Pesawat Terbang" ; dan Bianca Alexandria Situmorang (Jakarta), Juara III FPCS 2018 dengan karya tulis " Tiga Harapanku untuk Indonesia Terinspirasi dari Film Zootopia" .

Sebagai pemenang, karya tulis mereka berhak diterbitkan di salah satu majalah anak, mendapat pelatihan wawancara, berkesempatan mewawancarai jurnalis senior Andi F. Noya, serta mendapat hadiah jutaan rupiah. Tulisan hasil wawancara para pemenang dengan Andy F. Noya juga akan diterbitkan di majalah anak.

 

Rexona Brightest Squad Hunt 2020 - Coaching Class - 24 November 2020

Jangan Lewatkan