3 Cara Mengajarkan Anak untuk Memulai Tidur Sendiri

Sudah saatnya anak tidur di kamarnya sendiri? Begini cara mengajarkannya tidur sendiri!

Siwi Nur Wakhidah
| 9 Agustus 2019 08:06

Cara Mengajarkan Anak dengan Kata Permisi

Cara mengajarkan anak untuk memulai tidur sendiri sangat cocok untuk anak yang sedikit rewel. Mulai dengan melatihnya tidur siang di kamar, sama seperti cara pertama dan kedua sebelumnya. Namun, apabila cara tersebut masih belum berhasil membuat anak tidur di kamar dengan tenang, Anda bisa menggunakan cara ini.

Parents.com menyebutnya dengan The Excuse-Me Drill, yaitu selalu meminta izin pada anak terlebih dahulu selama pelatihan tidur sendiri di kamar. Latih anak untuk tidur sendiri di kamar, dengan kerap meninggalkan untuk waktu yang singkat.

Misalnya, pukul 08.00 anak harus sudah tidur, maka ajak anak untuk tidur sekitar pukul 07.30, dan buat suasana hatinya senang. Sebelum jam 08.00, minta izin pada anak untuk keluar dari kamarnya sebentar, seperti ke kamar mandi, atau mengangkat telepon. Namun, pastikan untuk kembali dan tidak pergi terlalu lama.

Lakukan berulang kali cara mengajarkan anak tidur sendiri ini, hingga anak mulai terbiasa. Jangan lupa memuji anak ketika tidak menangis atau rewel ketika ditinggal pergi sebentar. Cara mengajarkan anak untuk memulai tidur sendiri ini memang sedikit melelahkan, namun akan sangat efektif.

Selanjutnya :

Tips Melatih Anak untuk Tidur Sendiri

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi

Jangan Lewatkan