3 Cara Mengajarkan Anak untuk Memulai Tidur Sendiri

Sudah saatnya anak tidur di kamarnya sendiri? Begini cara mengajarkannya tidur sendiri!

Siwi Nur Wakhidah
| 9 Agustus 2019 08:06

Cara Mengajarkan Anak dengan Memberi Waktu untuk Terbiasa

Setelah berhasil dengan beberapa latihan dan percobaan tidur sendiri, cara mengajarkan anak untuk memulai tidur sendiri selanjutnya ialah memberikan waktu jeda untuk anak. Waktu jeda yang dimaksud di sini ialah memberikan waktu pada anak untuk ditemani di kamarnya.

Ketika sudah masuk pada tahap anak latihan tidur malam di kamarnya sendiri, beri ia waktu untuk mulai terbiasa dengan kamarnya. Temani anak sebelum jam tidurnya tiba, dan buat suasana di kamar menjadi menyenangkan.

Orang tua bisa mengajak bercerita anak terlebih dahulu, membacakan buku, dan tak lupa untuk terus memujinya. Jangan lupa pula untuk mengajarkan anak mengenal waktu tidur yang baik. Misalnya, beri jam tidur anak sekitar pukul 08.00 malam, dan lampu akan dimatikan.

Cara mengajarkan anak untuk memulai tidur sendiri ini akan membuat anak terbiasa untuk tidur teratur dan tepat. Ketika sudah masuk jam tidur, jangan langsung meninggalkan anak di kamar begitu saja. Beri dia waktu untuk membiasakan diri.

Temani anak sejenak di kamar, lihat apakah dia sudah terlelap atau belum. Jangan lupa beritahu dia, “Jam 08.00 lampu dimatikan ya,” atau “Jam 08.30, nanti Ibu keluar sebentar,” atau hal-hal semacam itu. Intinya ialah, jangan meninggalkan anak tanpa memberitahunya terlebih dahulu, karena akan membuat ia ketakutan dan bisa menjadi trauma.

Selanjutnya :

Cara Mengajarkan Anak dengan Kata Permisi

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen

Jangan Lewatkan