3 Cara Biasakan Anak Solat Tepat Waktu

Membiasakan anak-anak dengan adab-adab, amalan, maupun akidah islami harus dilakukan semenjak dini.

Mutia Nugraheni
| 26 Juni 2020 08:02

Dream - Solat merupakan ibadah yang pertama kali dihisab setelah seorang muslim meninggal dunia. Guru solat pertama bagi buah hati adalah orangtuanya. Mengajarkan anak solat sebaiknya dilakukan orangtua sejak dini, bahkan sejak dalam kandungan.

Membiasakan anak-anak dengan adab-adab, amalan, maupun akidah islami harus dilakukan semenjak dini, karena dengan begitu akan membuat apa-apa yang kita ajarkan dapat tertanam kokoh di dalam jiwa mereka.

Saat hamil, biasakan solat tepat waktu dan ajak bicara janin dalam kandungan untuk menyembah Allah SWT dan memohon kelancaran dalam persalinan. Kewajiban solat memang sebenarnya baru setelah anak baligh, namun sudah harus dibiasakan sejak usia 7 tahun.

“ Perintahlah anak-anakmu agar mendirikan shalat tatkala mereka telah berumur tujuh tahun, dan pukullah karenanya tatkala mereka telah berumur sepuluh tahun.” (HR. Abu Dawud dan Al- Hakim)

Nabi Muhammad dengan tegas telah mensyariatkan agar pendidikan solat dimulai sejak usia dini, yaitu sebelum mereka mencapai usia baligh. Bahkan ketika anak-anak berusia tujuh tahun, mereka telah diperintahkan untuk menjalankan solat.

 

Selanjutnya :

Bagaimana biasakan anak salat tepat waktu?

BERANI BERUBAH: Gelas Kesuksesan Korban PHK

Jangan Lewatkan