Sering-sering Ajak Si Kecil Main di Taman, Ini Manfaatnya

Bermain di luar rumah sangat dibutuhkan anak untuk pertumbuhan fisik dan kesehatan jiwanya.

Mutia Nugraheni
| 1 Oktober 2018 19:41

Dream - Gadget, ponsel serta games digital merupakan penyebab utama anak-anak malas bermain di luar rumah. Padahal, bermain di luar rumah sangat dibutuhkan anak untuk pertumbuhan fisik dan kesehatan jiwanya.

Dengan bermain di luar rumah, anak juga akan bertemu teman sebayanya. Ia akan mengalami konflik dan belajar untuk menyelesaikannya. Dalam hal ini, mereka juga belajar mengembangkan kemampuan sosialnya.

Untuk itu sangat dianjurkan, untuk rutin membawa si kecil bermain di luar rumah. Ajak ia bermain di taman. Cukup awasi dari jauh. Biarkan anak bermain sesukanya dengan teman-temannya.

" Kehadiran taman terbuka hijau menawarkan kedalaman berinteraksi yang sudah semakin langka akibat komunikasi yang dangkal dan sarat akan pencitraan, terutama di dunia maya,” ujar Dr. Juneman Abraham, S.Psi., seorang ahli psikologi sosial, dikutip dari rilis yang diterima Dream.co.id, 1 Oktober 2018.

Florence Williams dalam bukunya yang berjudul The Nature Fix (2017) menjabarkan sejumlah penelitian terkait manfaat melakukan aktivitas di ruang terbuka hijau, salah satunya mengungkapkan bahwa berada di taman hanya selama 15 menit dapat membuat kita merasa lebih bahagia.

Menghabiskan waktu di ruang terbuka hijau juga dapat mengurangi aliran darah ke bagian otak yang terasosiasi dengan pemikiran negatif, sehingga membantu kita untuk bisa berpikir secara positif. Saat berada di taman terbuka hijau, memori dan kreativitas kita juga cenderung meningkat.

Rupanya hal ini disadari betul oleh Mondelez International, pemegang merek biskuit Oreo. Untuk memujudkan taman yang nyaman bagi keluarga dan anak-anak, dibangun 12 Taman Kita Oreo.

Taman ini dirancang secara khusus untuk mendorong masyarakat bermain dan saling berinteraksi. Salah satunya berada di taman Heulang, Bogor, Jawa Barat.

" Beberapa sarana utama di Taman Kita OREO antara lain area permainan Twist (Putar), Lick (Jilat), Dunk (Celup) yang dapat dimanfaatkan untuk segala usia. Selain itu, terdapat pula berbagai fasilitas penunjang lain seperti arena bersantai dan interactive jogging track," kata Rachel Angelina, selaku Brand Manager Treats Mondelez Indonesia.

OREO akan menghadirkan Taman Kita OREO di 12 kota di Indonesia. Yaitu, Bekasi, Depok, Solo, Semarang, Bogor, DI Yogyakarta, Kudus, Tegal, Purwokerto, Bandung, Pacitan, dan Bondowoso.

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki

Jangan Lewatkan