Menguak Perkembangan Bahasa Bayi

Kata pertama bayi cenderung terdengar jelas ketika si kecil berusia 6 bulan.

Mutia Nugraheni
| 16 Desember 2018 10:15

Dream - Perkembangan bayi adalah sesuatu yang sangat menyenangkan untuk dilihat. Terutama perkembangan kemampuannya berbicara dan perbendaharaan kata-katanya. Biasanya kata pertama yang diucapkan oleh bayi adalah " mama" .

Kata pertama bayi cenderung terdengar jelas ketika si kecil berusia 6 bulan. Sharon Weisz seorang terapis wicara mengatakan, kata-kata pertama yang biasa diucapkan oleh bayi adalah " mama" disertai dengan " dada" dan " baba" .

Hal itu bukan disebabkan karena bayi memberikan nama kepada orang tuanya, tetapi suara m, p, dan b adalah yang paling mudah untuk dipelajari bayi setelah itu akan disusul dengan d dan g.

" Dalam banyak bahasa, kata-kata untuk " mama" dan " papa" menggunakan bunyi-bunyi awal itu, bunyi bibir," ujar Weisz, dikutip dari Todays Parent.

Menurut Roxabe Belanger yang juga seorang terapis wicara, meskipun menurut para orangtua kata pertama bayi yaitu " mama" dan " papa" tetapi ternyata kata-kata pertama bayi sudah beberapa bulan sebelumnya.

" Pada usia 2 atau 3 bulan, bayi mulai mengoceh dan kemudian berkembang menjadi suara vokal seperti " ah-ah" atau " oooh" . Saat 10 bulan, mereka biasanya harus mampu mengatur ocehannya dan berubah menjadi " mama" dan " dada" ," ujar Belanger.

Untuk keluarga yang menggunakan dua bahasa, menurut Belanger keluarga bilingual tidak perlu khawatir. Pasalnya, penggunaan berbagai bahasa tidak akan memperlambat perkembangan bicara bayi mereka.

“ Anak-anak tidak akan bingung jika kami memperkenalkan dua bahasa atau lebih awal. Sebenarnya, yang terbaik adalah memperkenalkan dua bahasa sejak lahir. Anak-anak dilahirkan di dunia internasional mereka dapat memahami dan membedakan semua suara yang membentuk semua bahasa," ungkap Belanger

Laporan Ava Haprin

Vaksin, Deteksi Dini dan Terapi Rasional Covid-19

Jangan Lewatkan