Flek Saat Hamil, Perempuan Tetap Wajib Salat?

Ulama berbeda pendapat, apakah perempuan hamil bisa mengalami haid ataukah tidak haid.

Mutia Nugraheni
| 9 Mei 2017 16:07

Dream - Bercak kecokelatan, darah atau biasa disebut flek seringkali dialami oleh ibu hamil. Dalam kondisi ini biasanya muncul kebingungan apakah tetap wajib salat atau tidak, karena terdapat cairan darah yang keluar.

Terkait hal ini Ustaz Ammi Nur Baits memberikan penjelasannya. Menurutnya, ulama berbeda pendapat, apakah perempuan hamil bisa mengalami haid ataukah tidak haid.

Pendapat pertama, perempuan hamil bisa mengalami haid. Bisa mengalami haid dalam arti, ketika wanita ini mengeluarkan darah dan memenuhi semua kriteria haid, baik karena sesuai kebiasaannya atau cirinya sama dengan darah haid pada umumnya, maka berlaku untuknya hukum-hukum haid.

Syaikhul menyebutkan pendapat as-Syafi’I:

Wanita hamil bisa mengalami haid, dan ini madzhab as-Syafi’i. dan al-Baihaqi menyebutkan pernyataan Imam Ahmad dalam masalah ini, namun beliau juga menyebutkan bahwa Imam Ahmad telah rujuk dari pendapat ini. (Fatawa al-Kubro, 5/315).

Kedua, wanita hamil tidak bisa mengalami haid, sehingga jika ada darah yang keluar, bisa dipastikan bukan haid, tapi istihadhah. Sehingga tetap wajib shalat, sebagaimana perempua suci dari haid.

Ini merupakan pendapat Imam Ahmad dan para ulama madzhab hambali. Dalam Tanqih at-Tahqiq disebutkan riwayat dari al-Atsram, beliau bertanya kepada Imam Ahmad,

Apa pendapat anda untuk wanita hamil yang melihat darah, apakah dia meninggalkan shalat?
Jawab Imam Ahmad, “ Tidak, tetap shalat.”

Saya bertanya, “ Apa dalil yang mendukung hal ini?”

Lalu Imam Ahamd menyebutkan hadis, saya berdalil dengan hadis dari Muhammad bin Abdurrahman – maula Ali Thalhah – dari Salim, dari ayahnya (Ibnu Umar). Selengkapnya baca di sini.


Sumber: Konsultasi Syariah

 

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie

Jangan Lewatkan