Buah Hati Takut Gelap, Cari Tahu Cara Mendampinginya

Sebagai orangtua tentunya kita tak mau anak merasa ketakutan.

Mutia Nugraheni
| 10 Februari 2021 16:02

Dream – Suasana gelap bagi beberapa orang begitu menakutkan, bukan hanya pada anak-anak tapi juga orang dewasa. Penyebabnya bisa karena banyak hal, trauma, kerap ditakuti atau hal lain.

Imajinasi anak yang sangat luas, membuat anak dapat berpikir tidak karuan, terlebih saat gelap. Terkadang memikirkan apakah ada sesuatu di bawah kasur tidur, atau ada makhluk asing di sudut kamar. Semua itu dapat terimajinasikan oleh anak-anak.

Sebagai orangtua tentunya kita tak mau anak merasa ketakutan. Kelak, mereka akan tidur sendiri, berada di tempat gelap, sendirian dan kita tak mau rasa takut akan terus menempel di pikirannya.

Penting untuk mendampingi buah hati yang merasa takut dengan gelap. Hindari menyepelekan atau menggodanya. Pastikan melakukan hal-hal ini untuk membantu anak meredakan ketakutannya akan gelap.

Dengarkan anak
Ketika anak merasa takut, cobalah untuk mendengarkan cerita mereka dan memahami pemicu ketakutannya. Jangan menganggap remeh ketakutan anak, tanyakan apa yang sebenarnya ia takutkan.

Ajarkan menarik napas perlahan, membaca doa tidur, dan membayangkan hal yang indah. Baru kemudian pejamkan mata. Katakan 'kamu aman, tidak akan ada yang mengganggu'. Dampingi sampai anak terlelap.



Selanjutnya :

Pujian dan Lampu Tidur

Fimela with Barry X iStyle | Iftar Makeup Look Tutorial

Jangan Lewatkan