3 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Murid TK

Dengan memiliki kemampuan ini menandakan kemampuan kognitif dan motoriknya sudah berkembang dengan baik.

Mutia
| 12 Juli 2017 10:05

Dream - Usia taman kanak-kanak biasanya antara 4 hingga 5 tahun. Kemampuan motorik dan kognitif mereka sudah makin matang. Mengajarkan aktivitas sehari-hari dan kemandirian baiknya selalu dilakukan.

Ada kemampuan yang harus mereka miliki di usia tersebut. Dengan memiliki kemampuan ini menandakan kemampuan kognitif dan motoriknya sudah berkembang dengan baik.
Kepercayaan diri anak juga akan meningkat. Apa saja kemampuan tersebut?

- Ke kamar mandi sendiri
Kemampuan ini sangat penting, bayangkan di sekolah anak ingin ke kamar mandi tetapi tak berani bilang. Ia bisa mengompol di kelas dan merasa malu. Ajarkan anak membuka celana/ roknya, menggunakan toilet dan mencuci tangan. Sehingga guru di sekolahnya cukup menemani dan menunggu di depan pintu. Kepercayaan diri anak akan sangat baik jika sudah mampu melakukan ini.

- Bisa mengatasi 'masalahnya'
Tak bisa mengambil tempat minumnya di meja yang tinggi, anak bukan berteriak minta diambilkan. Tapi ia mengambil kursi kecil lalu menaruhnya dekat meja dan menaikinya. Bola mainannya masuk ke kolong kursi, ajarkan anak untuk mengambil sapu panjang untuk mengeluarkannya. Jangan selalu mengatasi tiap masalah yang dihadapi anak, contohkan solusi mudah yang bisa dilakukannya.

- Bisa menjelaskan informasi dirinya
Ini juga sangat penting. Anak usia 2,5 tahun sudah bisa diajarkan terus menerus informasi dirinya. Mulai dari nama panjang, nama orangtua, alamat rumah, hingga telepon rumah. Hal buruk bisa terjadi kapan saja. Jika anak tersesat atau terselip di banyak kerumunan dia akan lebih mudah diidentifikasi jika bisa menjelaskan informasi dirinya.

 

Sumber: Modern Family

 

Topik Terkait :

Nenek Rocker Laila Sari Meninggal Dunia

Jangan Lewatkan