Waspada Penyakit yang Mengintai Si Kecil Setelah Berenang

Ada parasit yang menyebabkan diare dan masalah perut serius.

Mutia Nugraheni
| 23 Mei 2018 16:05

Dream - Salah satu kegiatan favorit anak-anak adalah bermain air dan berenang. Baik di kolam renang besar, waterpark atau fasilitas kolam yang ada di hotel. Dalam memilih fasilitas kolam renang untuk anak, pastikan lebih selektif.

Pasalnya ada wabah penyakit yang bisa ditularkan dengan mudah melalui kolam renang. Terutama jika kolam tak dibersihkan secara teratur. Penyakit tersebut disebabkan
cryptosporidium yang merupakan parasit mikroskopik yang menyebabkan diare dan masalah perut.

" Menelan hanya seteguk air dengan crypto di dalamnya dapat membuat anak-anak dan orang dewasa yang sehat sakit selama berminggu-minggu dengan diare berair, kram perut, mual, dan muntah. Klorin tidak dapat membunuh crypto dengan cepat," kata Michele Hlavsa seorang perawat, dikutip dari PopSugar.

Masalah lain yang juga sering terjadi setelah berenang adalah mata merah setelah berenang? Banyak yang mengira hal itu karena level klorin yang sangat tinggi pada air kolam. Tapi faktanya tak demikian. Mata perih dan merah setelah berenang karena paparan urine yang bercampur dengan zat kimia.

" Nitrogen dalam urin bergabung dengan klorin dan membentuk apa yang dikenal sebagai chloramine. Chloramine (kaporit) yang menyebabkan mata merah, bukan karena klorin," ungkap Michele.

Untuk menjaga buah hati tetap dalam kondisi sehat saat berenang, coba terapkan trik berikut:

1. Peringatkan anak-anak untuk tidak menelan air
2. Bawa anak-anak kecil ke kamar mandi sesering mungkin untuk membilasnya dengan air
3. Jangan biarkan anak berenang jika mereka mengalami diare
4. Cari tahu seberapa sering kolam dibersihkan

Laporan Ferra Ferdiana

Streaming Detik-detik Momen Cut Meyriska Melahirkan Anak Pertamanya

Jangan Lewatkan