Waspada Pemicu Kontraksi yang Mungkin Tak Disadari

Kontraksi ini bisa muncul kapan saja saat hamil dan bukan berarti bakal terjadi persalinan.

Mutia
| 12 September 2018 08:10

Dream - Kontraksi identik dengan tanda-tanda persalinan, yaitu rasa nyeri dan kencang di bagian perut bawah yang menjalar ke punggung. Kontraksi ini bisa muncul kapan saja saat hamil dan bukan berarti bakal terjadi persalinan.

Kontraksi terjadi ketika level oksitosin dalam tubuh ibu mengalir dalam jumlah tertentu. Pemicunya bisa jadi banyak hal. Seperti empat hal ini yang kerap kali memunculkan reaksi kontraksi padahal bukan tanda-tanda persalinan.

Pemeriksaan vagina
Pada trimester akhir kehamilan, dokter atau bidan atau melakukan pemeriksaan vagina untuk mengetahui posisi bayi. Pemeriksaan ini bisa memicu kontraksi yang tidak teratur dan cukup menyakitkan.

Berhubungan intim
Hubungan intim saat hamil juga dapat menyebabkan kontraksi. Kontraksi ini bisa sangat intens dan menyakitkan. Terkadang cepat mereda tapi juga bisa memakan waktu hingga satu jam lamanya. Bisa terjadi karena level oksitosin begitu tinggi saat bercinta apalagi jika ibu mencapai kepuasaan tertentu. Kondisi ini tak menimbulkan masalahm, kecuali ibu memiliki riwayat melahirkan prematur.

Olahraga
Semakin besar perut, semakin besar kemungkinan kontraksi yang disebabkan oleh olahraga. Jika ibu terbiasa berolahraga, cobalah cari yang intensitasnya ringan. Biasanya kontraksi akan hilang dengan sendirinya selama beberapa menit. Tapi jika kontraksi berlanjut selama lebih dari satu jam, hubungi dokter atau bidan.

Dehidrasi
Selalu penuhi kebutuhan cairan saat hamil, jangan sampai mengalami dehidrasi. Jika sedang banyak aktivitas, berada di tempat panas, dan muncul kontraksi, duduklah untuk beristirahat. Minum air yang cukup banyak atau makan buah kaya air. Duduk sampai kontraksi mereda, namun jika makin kuat atau tak kunjung hilang segera lakukan pemeriksaan.

Sumber: Family

Reino Barack Akui Sudah Putus Dari Luna Maya

Jangan Lewatkan