Waspada Gunakan Produk Pembersih Rumah Saat Hamil

Beberapa produk bisa memicu masalah kehamilan, keguguran bahkan meningkatkan risiko cacat janin.

Mutia Nugraheni
| 24 Mei 2019 08:07

Dream - Sambil menunggu bayi lahir, biasanya para ibu lebih banyak menghabiskan waktu rumah. Menyiapkan perlengkapan bayi, termasuk membersihkan rumah. Hal ini agar saat si keci lahir rumah sudah dalam keadaan bersih.

Penting bagi Sahabat Dream untuk lebih waspada saat menggunakan produk pembersih. Pasalnya, beberapa produk bisa memicu masalah kehamilan, keguguran bahkan meningkatkan risiko cacat janin.

Dikutip dari Parents, selalu periksa label dan hindari produk dengan tulisan beracun, karena mengandung pelarut yang berisiko. Misalnya, pembersih oven dan pembersih jendela yang mengandung eter glikol. Zat tersebut diketahui meningkatkan risiko keguguran.

Produk penghilang jamur juga mengandung fenol, yang dapat meningkatkan risiko cacat lahir atau kematian janin. Penting diketahui sebagian besar produk pembersih mengandung bahan kimia berbau kuat seperti amonia atau klorin.

Dua zat tersebut memang tidak akan berdampak buruk pada janin, tapi akan memicu pusing dan mual hebat. Jika memang ingin melakukan bersih-bersih rumah, selalu buka jendela.

Pilih juga pembersih berbahan alami seperti campuran baking soda dan cuka. Pastikan seminimal mungkin melakukan kontak dengan produk pembersih yang formulasinya beracun dan sangat kuat.

Topik Terkait :

Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim

Jangan Lewatkan