Waspada Bahan Kimia yang Bisa Berdampak Buruk Pada Kesuburan

Bagaimana bahan kimia memengaruhi kesuburan?

Mutia Nugraheni
| 12 Januari 2021 12:06

Dream - Saat mencoba untuk hamil, ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan. Mulai dari usia, gaya hidup, bahkan produk yang kita gunakan sehari-hari. Meskipun ada beberapa perdebatan tentang seberapa besar pengaruh bahan kimia rumah tangga terhadap kesuburan, banyak ilmuwan setuju bahwa ada racun tertentu yang dapat membuat lebih sulit untuk hamil.

Bagi pasangan yang sedang berusaha mendapatkan buah hati atau sedang menjalani program hamil, ada baiknya menghindari beberapa produk kimia. Bagaimana bahan kimia memengaruhi kesuburan?

" Semuanya dimulai dengan sistem endokrin kita. Ada bahan kimia tertentu di lingkungan yang dianggap pengganggu endokrin yang dapat meniru dan memblokir hormon yang diperlukan untuk kehamilan, seperti termasuk estrogen. Dengan tingkat estrogen yang sangat buruk, ovulasi tidak dapat terjadi," ujar Laura Vandenberg, seorang ahli reproduksi, dikutip dari Mom.com.

Bahan kimia ini dapat mempengaruhi cara hormon mengatur banyak aspek tubuh kita, bahkan berpotensi pada kemampuan untuk hamil. Misalnya, penemuan yang relatif baru bahwa PFA - sekelompok bahan kimia yang dapat ditemukan dalam produk umum seperti Teflon, cat, dan bahkan air - dapat memengaruhi kesuburan dan bahkan memengaruhi berat lahir bayi.

 

Selanjutnya :

Kandungan BPA

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Manisnya Boba

Jangan Lewatkan