Waspada, 3 Camilan yang Kerap Memicu Anak Tersedak

Penting bagi orangtua mengawasi dan memperhatikan anak-anak terutama yang masih balita saat menikmati camilan.

Mutia Nugraheni
| 7 Januari 2019 10:10

Dream - Tersedak mungkin jadi hal umum yang terjadi saat mengonsumsi makanan tertentu. Bagi orang dewasa, tersedak biasanya bisa segera diatasi dengan minum. Namun bagi anak-anak tersedak bisa jadi momen yang mengerikan.

Jalan napas tertutup, oksigen tak mengalir dan sangat mematikan. Penting bagi orangtua mengawasi dan memperhatikan anak-anak terutama yang masih balita saat menikmati camilan atau makanan yang disajikan.

Penting untuk membiasakan anak mengunyah makanan hingga halus kemudian menelannya. Hindari memberikan makanan pada anak dalam jumlah banyak hingga mulutnya penuh. Hal ini justru bisa memicu tersedak. Anak pun akan terbiasa memasukan banyak makanan ke mulutnya.

Ajarkan anak untuk makan dengan perlahan dan fokus. Duduk dan menikmati setiap gigitan lalu menelannya. Lebih waspada saat memberikan tiga camilan ini. Pasalnya, meski sangat sehat camilan ini kerap memicu anak tersedak.

Popcorn dan kacang
Camilan ini sangat disukai anak-anak. Rasanya sangat gurih dan mereka biasanya sangat semangat menikmatinya. Sehingga tak sabar untuk segera menghabiskannya. Ukurannya kecil dan jika tertelan tanpa dikunyah dengan baik akan dengan memicu tersedak. Selalu awasi saat anak menikmati dua camilan ini. Contohkan padanya untuk menggigit dan mengunyah dengan perlahan sebelum menelan.

Anggur dan buah keras berukuran kecil
Buah anggur, pisang serta buah keras yang sudah dipotong berukuran kecil sangat nikmat jika dimakan dalam keadaan dingin. Anak-anak pun sangat menyukainya. Mereka seperti makan es krim. Tapi buah dingin ini juga sangat mudah memicu tersedak.

Wortel
Sebagai camilan sehat, wortel kerap kali disajikan untuk anak. Baik yang masih mentah atau pun sudah dikukus. Jangan biarkan anak memakan wortel tanpa pengawasan. Terutama bayi yang baru belajar makan. Teksturnya yang agak keras membuatnya mudah menyangkut di tenggorokan dan membuat anak tersedak.

Sumber: Todays Parent

Ma'ruf Amin: Terorisme Itu Bukan Jihad

Jangan Lewatkan