Wajib Tahu Soal Tanda Lahir Buah Hati

Konsultasikan ke dokter jika...

Mutia Nugraheni
| 13 Desember 2018 14:10

Dream - Bayi yang baru lahir, kulitnya sangat tipis dan sensitif. Kondisinya bisa berubah dan semakin kuat seiring pertambahan usia. Ada juga yang tidak berubah, yaitu tanda lahirnya.

Tanda lahir ini sangat beragam. Bisa berupa titik cokelat, noda kehitaman yang lebar, tanda merah yang melebar. Banyak orangtua yang khawatir kalau tanda lahir ini kelak akan jadi penyakit kulit berbahaya atau mengurangi kepercayaan diri si anak.

" Tanda lahir muncul karena perubahan warna kulit. Bisa langsung terlihat ketika bayi lahir atau beberapa hari setelahnya. Sebagian besar tanda lahir ini tidak berbahaya," ujar Sheilagh Maguiness, asisten profesor dermatologi dan pediatri di University of Minnesota, seperti dikutip dari Todays Parent.

Ada dua tipe tanda lahir yaitu vascular dan pigmentet. Untuk vascular, sekitar lima persen bayi dilahirkan dengan tanda lahir vaskular.

Tanda vaskular ini biasanya karena kondisi kapiler, yang merupakan bentuk pembuluh darah. Yaitu ketika sekelompok pembuluh darah mengumpul pada kulit bayi.

Kondisi tersebut menyebabkan tanda lahir yang berbeda. Bisa berupa bintik-bintik merah muda atau benjolan merah yang kasar. Beda lagi dengan tanda lahir pigmented.

Tanda lahir pigmen terdiri dari pigmen tambahan atau sel pigmen di kulit. Warna tanda lahir tergantung pada jenis warna kulitnya, bisa dari cokelat muda ke biru gelap.

Pada beberapa kondisi, tanda lahir ini terdapat di area tubuh yang mudah terlihat seperti wajah dan tangan. Hal ini tentu bisa mempengaruhi level kepercayaan diri anak.

Jika memang dirasa menganggu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. Kini banyak prosedur medis yang bisa menghilangkan tanda lahir secara permanen.

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK

Jangan Lewatkan