Wajib Tahu Pertolongan Pertama Saat Bayi Tersedak

Banyak kasus anak tersedak dan berujung pada kondisi yang fatal bahkan kematian.

Mutia Nugraheni
| 5 Juni 2017 12:07

Dream - Tersedak jadi hal yang sering terjadi pada anak-anak, terutama bayi dan balita. Untuk bayi yang baru lahir, hingga berusia 6 bulan, aliran ASI atau liur yang mereka mainkan bisa dengan mudah memicu tersedak.

Ada kalanya tersedak bisa reda dengan sendirinya cukup dengan batuk atau minum sedikit air. Tapi banyak juga kasus anak tersedak dan berujung pada kondisi yang fatal bahkan kematian.
Sebagai langkah pencegahan, orangtua harus tahu pertolongan pertama saat anak tersedak.

" Untuk bayi yang biasanya tersedak ASI atau air liur, buka mulutnya lalu semprot menggunakan semprotan khsusus berbentuk sepeti bola lampu. Biasanya digunakan untuk mengisap lendir di hidung. Cukup semprotkan ke dalam mulut hingga bayi kembali bernapas dengan lancar," ujar Joan E. Shook, dokter anak yang juga Anggota Dewan Penasihat Ilmiah
Palang Merah AS, seperti dikutip dari The Bump.

 Nasal Bulb Syringe

Lalu jika anak tersedak makanan yang potongannya masih cukup besar, memang butuh penanganan khusus. Hal ini biasanya terjadi karena anak belum mengunyah hingga lunak tapi ingin buru-buru menelan makanan. Makanan tersebut pun menyangkut dan menghalangi pernapasan di kerongkongan.

Tersedak ditandai dengan gejala terbatuk-batuk, sulit bernapas, lalu wajahnya berubah merah atau biru. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan cepat menilai: Apakah penyumbatan sebagian atau lengkap?

Selanjutnya :

Pertolongan Pertama

BERANI BERUBAH: Takjil Drive Thru Masjid Al Azhar

Jangan Lewatkan