Wajib Tahu, Cara Terbaik Membersihkan Gigi Balita

Gigi si kecil sudah harus rajin dibersihkan karena banyak sisa-sisa makanan dan bakteri di dalam mulut.

Gladys Velonia
| 6 September 2017 16:05

Dream - Melihat buah hati memasuki masa tumbuh gigi di umur 6-8 bulan pertama merupakan saat yang menggemaskan. Saat itulah si kecil tengah aktif dengan aktivitas baru yakni memasukkan benda-benda serta menggigitnya karena keingintahuan yang besar.

Untuk itulah kebersihan rongga mulutnya pun patut dijaga. Sebagai ibu, harus mengetahui tips dan trik membersihkan gigi yang baik dan benar.

" Susah ya kalo pakai sikat gigi, jadi yang dianjurkan, jari tangan si ibu, diselubungkan kassa steril dan dicelupkan ke air hangat. Tidak hanya gigi yang dibersihkan, tapi gusinya juga," ujar
Ratu Mirah Afifah, seorang dokter gigi dan Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia.

Sedini mungkin, menurut Mirah, gigi si kecil sudah harus rajin dibersihkan karena banyak sisa-sisa makanan dan bakteri di dalam mulut yang dapat membahayakan kesehatan gigi. Untuk
penggunaan pasta gigi, Mirah menyarankan baru boleh saat anak usia 2 tahun.

" Tapi kadar flouridenya lebih rendah dari orang dewasa. Itu juga sebesar padi aja dioleskan tipis di permukaan bulu sikat," imbuhnya.

Perihal mengapa harus menggunakan pasta gigi berflouride, Mirah menjelaskan jika gigi yang rajin dibersihkan dengan flouride menjadi lebih kuat. Termasuk mengurangi risiko gigi berlubang.

" Udah banyak sekali penelitian pasta gigi flouride itu dianjurkan oleh WHO untuk mencegah gigi berlubang. Bahkan di Hongkong dan Singapura, bukan cuma pasta gigi nya, tapi airnya pun
mengandung flouride. Jadi pertahanan terhadap gigi berlubang dengan flouride itu sangat maksimal," ucapnya.

Kenali Gejala Dini Kanker Ovarium

Jangan Lewatkan