Wah, 87 persen Siswa Ingin Segera Belajar di Sekolah

Belajar di rumah tentu sangat berbeda dengan belajar di sekolah.

Mutia Nugraheni
| 29 Juni 2020 08:02

Dream - Mendapat pendidikan adalah hak dasar setiap anak di dunia yang harus dipenuhi. Untuk itu meski di masa pandemi Covid-19, seluruh anak yang tak bisa ke sekolah, harus dipenuhi haknya dengan mendapat pendidikan di rumah apapun caranya.

Belajar di rumah tentu sangat berbeda dengan belajar di sekolah. Tak ada interaksi langsung membuat anak kurang termotivasi. Mungkin awalnya saat anak suka belajar di rumah, tapi mereka juga ingin segera kembali ke sekolah.

Tengok saja hasil survei yang dilakukan Unicef Indonesia melalui kanal U-Report yang terdiri dari SMS, WhatsApp, dan Messenger. Dikutip dari Sahabat Keluarga Kemdikbud, survei yang dilakukan dari 18 hingga 29 Mei 2020 dan 5 hingga 8 Juni 2020 itu menerima lebih dari 4.000 tanggapan dari siswa di 34 provinsi di Indonesia.

Hasilnya, sebanyak 66 persen dari 60 juta siswa dari berbagai jenjang pendidikan di 34 propinsi mengaku tidak nyaman belajar di rumah selama pandemi Covid-19. Dari sejumlah itu, 87 persen diantaranya ingin segera kembali ke sekolah.

 

Selanjutnya :

Bahaya Covid-19 di Depan Mata

Terlahir Tuli, Anak Ray Sahetapy Lulus Cum Laude di New York

Jangan Lewatkan