Waduh, Keluhan Seputar Gigi Ini Kerap Muncul Saat Hamil

Mungkin Sahabat Dream juga mengalaminya.

Mutia Nugraheni
| 18 Juni 2021 16:02

Dream - Kondisi kehamilan memang membuat tubuh ibu berubah drastis. Bukan hanya peningkatan berat badan tapi juga kondisi tangan, kaki, mental bahkan gigi. Beberapa ibu hamil mengeluhkan kondisi giginya bermasalah.

Banyak yang tak tahu kalau perubahan pada tubuh saat hamil juga dapat menyebabkan sakit gigi selama masa kehamilan. Mengapa demikian? Saat sedang hamil, hormon akan mengalami fluktuasi dan ibu juga bisa merasakan efeknya di dalam mulut.

Kadar progesteron yang tinggi membuat perempuan hamil lebih rentan mengalami pertumbuhan bakteri dan pembentukan plak, sementara peningkatan hormon estrogen menyebabkan naiknya aliran darah ke gusi sehingga membuat gusi lebih sensitif dan rentan bengkak.

Ada tiga keluhan pada gigi dan gusi saat hamil yang kerap terjadi pada ibu hamil. Apa saja?

1. Gusi berdarah
Saat hamil di usia kandungan minggu ke-14 hingga ke-30, ada kemungkinan terjadinya gusi berdarah saat menyikat gigi karena kadar hormon estrogen, estradiol, dan progesteron dapat menyebabkan radang gusi. Plak pada gigi yang tidak dibersihkan sebelum hamil juga akan meningkatkan sensitivitas rongga mulut dalam mengembangkan bakteri sehingga bisa menyebabkan perdarahan dan menginfeksi gusi.

 

Selanjutnya :

Infeksi dan Berlubang

Menko Muhadjir Memutuskan PPKM Darurat Diperpanjang - DreamID

Jangan Lewatkan