Waduh, Cedera Tulang Belakang Bisa Picu Masalah Kesuburan Pria

Banyak tak tahu kalau masalah tulang belakang juga berdampak pada seksualitas dan kesuburan.

Mutia Nugraheni
| 27 Januari 2022 10:05

Dream - Kesehatan tulang belakang tak boleh dianggap sepele. Fungsinya sangat krusial bagi tubuh yaitu menunjang, postur dan gerak. Terdapat juga sistem saraf yang memegang peran penting kerja organ secara keseluruhan, termasuk dalam reproduksi pria.

Banyak yang tahu kalau jika terjadi cedera tulang belakang, kesuburan pria bisa terganggu. Dikutip dari KlikDokter, menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, dampak cedera tulang belakang akan membuat seseorang mengalami gangguan sensor motorik atau kendali gerak.

“ Hal ini yang menyebabkan seorang pria tidak mampu atau pun sulit melakukan ereksi. Jadi, pria yang mengalami cedera tulang belakang bisa mengalami disfungsi ereksi dan menyebabkan menurunnya performa seksual pria,” ujar dr. Iqbal.

Berikut beberapa gangguan kesuburan yang dapat terjadi saat pria mengalami cedera tulang belakang:

1. Menurunkan Fungsi Ereksi
Saat tubuh menerima rangsangan aliran darah akan meningkat ke batang penis, kemudian menahan aliran balik ke jantung. Hal tersebut membuat penis menegang dan siap berejakulasi. Mekanisme rangsangan ini diatur oleh saraf pada tulang belakang yang terletak di sekitar punggung bawah.

Saat pria mengalami cedera pada tulang belakang, saraf-saraf yang mengatur rangsangan ini mungkin saja rusak. Inilah yang bisa menyebabkan ia sulit ereksi (impotensi), sehingga proses pembuahan akan terhambat.

 

Selanjutnya :

Suhu dan Kualitas Sel Sperma

Potret Rumah Orangtua Gisella Anastasia di Cimahi

Jangan Lewatkan