Vitamin Kehamilan Bisa Memperparah Rasa Mual

Cari tahu solusinya.

Mutia Nugraheni
| 25 Desember 2018 10:23

Dream - Mual-mual hingga muntah jadi keluhan yang sering dialami para ibu hamil. Terutama di kehamilan trimester awal. Kondisi ini karena perubahan hormon secara drastis.

Pada awal kehamilan, ibu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen berupa asam folat dan kalsium. Tentunya agar janin di dalam kandungan berkembang secara optimal.
Mengonsumsi vitamin kehamilan, pada beberapa ibu rupanya malah memperburuk mual yang dialaminya.

" Ada ibu-ibu yang sangat sensitif dan memiliki level mual yang lebih. Mengonsumsi vitamin kadang malah membuat mereka malah muntah," kata Miriam Erick, seorang ahli gizi dari Brigham and Women's Hospital di Boston.

Ia menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen harian dengan sesuatu yang licin, seperti saus apel atau pisang. Jangan mengonsumsi vitamin saat perut kosong. Hal ini dapat memperparah rasa mual.

" Anda juga dapat mencoba mengkonsumsi vitamin dengan limun atau salah satu yang saya sebut jus 'ramah, yaitu minuman jus yang lembut dan berair seperti kombo jeruk-pisang, pastikan saja tidak mengandung tambahan gula," kata Erick

Selain itu, para ibu juga bisa mengkonsumsi suplemen di waktu yang berbeda dalam satu hari. Seperti di malam hari, atau cobalah untuk mengkonsumsi setengah potong vitamin di pagi hari dan separuh di malam hari.

Jika mual semakin parah setelah mengonsumsi vitamin, tanyakan kepada dokter tentang pilihan vitamin dan suplemen lain yang digunakan.

Laporan Mega Rasmiyati/ Parents

Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark

Jangan Lewatkan