Virus Covid-19 yang Bermutasi Lebih Rentan Menginfeksi Anak

Tim peneliti Inggris terus menyelidiki karakteristik mutasi virus yang baru.

Mutia Nugraheni
| 5 Januari 2021 10:02

Ini Bahayanya Nekat Liburan Bawa Anak-anak Saat Pandemi Covid-19

Dream - Liburan akhir tahun 2020 berbarengan dengan libur semester sekolah. Sayangnya, kali ini suasana liburan tak seperti biasanya. Cenderung penuh rasa khawatir, kehati-hatian yang ekstra.

Tentu saja karena virus Covid-19 yang bisa menjangkiti siapa saja, termasuk anak-anak. Banyak orang yang akhirnya memutuskan tidak berlibur dan tetap di rumah saja demi melindungi diri dan keluarga.

Bagaimana jika tetap ingin liburan di masa pandemi dan membawa anak-anak? Tentu harus tahu risikonya.

"Kalau tetap memaksakan berlibur bersama anak, apalagi lokasi berliburnya pindah-pindah tempat dan ke area ramai, bisa dibilang itu adalah tindakan yang egois," ujar dr. Arina Heidyana, dikutip dari KlikDokter.com

Menurutnya, pada anak-anak Covid-19 memang sebagian besar hanya menimbulkan gejala ringan atau tanpa gejala sama sekali. Meski demikian, anak bisa menularkan ke orang lain dan bagi yang memiliki komorbid akan sangat mematikan.

“Kalau alasannya karena anaknya bosan di rumah, orangtua harus cari cara agar suasana rumah tidak membosankan. Ada banyak edukasi menyenangkan selain liburan saat pandemi yang bisa dilakukan di rumah,” kata dr. Arina.

 

Selanjutnya :

Menularkan dan Bisa Jadi Berbahaya

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa

Jangan Lewatkan