Virus Covid-19 yang Bermutasi Lebih Rentan Menginfeksi Anak

Tim peneliti Inggris terus menyelidiki karakteristik mutasi virus yang baru.

Mutia Nugraheni
| 5 Januari 2021 10:02

Dream - Varian virus Covid-19 yang disebut B.1.1.7 menimbulkan kepanikan yang luar biasa. Terutama di Inggris dan Eropa, tempat pertama kali mutasi virus ini ditemukan.

Para ahli menduga bahwa anak-anak lebih rentan terhadap B.1.1.7. Serikat pengajar Inggris meminta sekolah untuk tutup selama dua minggu sejak 4 Januari 2020. Para ahli virus terus menyelidiki karakteristik virus yang bermutasi ini.

Mengapa variannya lebih menular? Anthony Fauci, direktur Institut Nasional AS untuk Alergi dan Penyakit Menular, mengatakan pada hari Selasa bahwa varian Inggris kemungkinan telah menyebar ke AS.

Informasi lebih lanjut diharapkan dalam beberapa minggu mendatang, tetapi tidak bisa diperkirakan bahwa B.1.1.7 lebih atau kurang mematikan daripada virus aslinya.

" Normal bagi virus untuk bermutasi, dan sudah ada puluhan ribu mutasi virus korona. Varian baru, bagaimanapun, secara signifikan mengubah virus, berpotensi mengubah perilakunya. Misalnya, B.1.1.7 memiliki perubahan pada protein lonjakan - bagian dari virus yang digunakan untuk menginfeksi sel - yang berarti virus tersebut lebih mudah masuk ke dalam sel," ujar Fauci, dikutip dari Bussines Insider.

Apakah anak-anak lebih rentan terhadap varian baru? Rupanya ada kecenderungan demikian, hal ini disampaikan oleh Profesor Neil Ferguson, ahli epidemiologi penyakit menular di Imperial College London.

" Ada petunjuk bahwa virus ini memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk menginfeksi anak-anak," kata Profesor Ferguson.

Alasan perbedaan bisa jadi karena fakta bahwa reseptor ACE-2 tubuh, tempat virus mengikat, sedikit berbeda pada anak-anak dan orang dewasa. Ferguson mengatakan ada laporan tentang varian tersebut di sekolah-sekolah wilayah Inggris yang sekarang di bawah lock down yang paling ketat.

Selanjutnya :

Ini Bahayanya Nekat Liburan Bawa Anak-anak Saat Pandemi Covid-19

Audi Marissa - Anthony Xie | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 3

Jangan Lewatkan