Viral! Tampilan 'Baju Perang' Dokter Hadapi Pasien Difteri

"Jadi ini baju astronot bukan? Bukaan... Ini baju APD (alat pelindung diri) untuk ketemu pasien.."

Mutia Nugraheni
| 15 Desember 2017 13:56

Dream - Pasien-pasien terduga difteri atau mereka yang sudah positif terkena difteri tak bisa diperlakukan seperti pasien biasa. Jika muncul gejala-gejala, terutama selaput putih di tenggorokan, maka pasien harus masuk ruang isolasi.

Dalam ruangan ini seluruh tenaga medis yang menangani baik dokter maupun suster, harus menggunakan pakaian khusus. Pakaian tersebut demi melindungi tubuh dari penularan bakteri
corynebacterium yang sangat menular.

Dokter Vini Ratnasari yang bekerja di salah satu rumah sakit memperlihatkan apa yang harus dikenakannya saat memberi tindakan dan memeriksa pasien terduga dan positif bakteri. Ia
harus mengenakan sarung tangan berlapis, jubah hijau steril, termasuk penutup kepala dan pelindung wajah. Sang dokter menggambarkannya sebagai pakaian " siap tempur" .

" Jadi ini baju astronot bukan? Bukaan... Ini baju APD (alat pelindung diri) untuk ketemu pasien dugaan difteri dan atau difteri. Kenapa mesti seheboh ini? Ya karena penularannya juga semudah si bakteri itu loncat loncat dari liur dan udara yang dikeluarkan dari mulut pasien," tulis dr. Vini, dalam laman Facebooknya.

Pakaian tersebut wajib dikenakan seluruh orang tenaga medis saat harus bertemu dengan pasien. Dokter Vini pun sebelumnya melakukan vaksin difteri.

" Saya melakukan segalanya untuk melindungi diri saya. Saya vaksin saya pakai alat perlindungan diri. Yang paling penting saya melindungi lingkungan saya untuk tidak menyebarkan terutama anak anak saya di rumah. Semoga Allah melindungi saya dengan segala ikhtiar yang saya lakukan," ungkap dr. Vini.

Ia pun kembali mengingatkan untuk para orangtua untuk memvaksin buah hatinya. Vaksinasi sebagai bentuk usaha untuk melindungi diri dari penyakit.

" Takdir itu juga harus diusahakan ya... Bukan diam termangu hanya beralasan ini sudah takdir Allah. Ayo vaksin, lindungi dirimu, keluargamu, dan lingkungan mu," tulisnya.

 [crosslink_1]

Selanjutnya :

Perlihatkan Vaksin Tak Haram, Dokter Sampai Tunjukkan Kemasan

Nikita Mirzani Dilarikan Ke Rumah Sakit

Jangan Lewatkan